Ketua Komisi II DPRD Sumiati, Minta Distan Gencar Sosialisasikan Asuransi Pertanian

Tabalong – Komisi Dua DPRD Tabalong meminta Dinas Pertanian Tabalong, untuk gencar mensosialisasikan asuransi usaha tani padi, yang telah dikerjasamakan Pemerintah Daerah dengan Jasindo. Pasalnya asuransi bagi petani di Tabalong ini telah di subsidi pemerintah daerah, untuk meringankan biaya para petani. Hal ini disampaikan Komisi Dua Saat Rapat bersama dinas pertanian tabalong.

Komisi Dua meminta agar Dinas Pertanian dapat mendorong para petani mengikuti asuransi tersebut, untuk melindungi para petani ketiga gagal tanam atau gagal panen. Terlebih pasca bencana banjir yang terjadi pada februari 2020 lalu mengakibatkan 700 hektar lebih bibit padi gagal tanam.

“Jadi mendengar pemaparan dari dinas pertanian tadi bahwa kesadaran masyakat di petani untuk ikut di asuransi jasindo sangat minim, ini menjadi pertanyaan kami, apakah kurang sosialisasi, apa pesan yang disampaikan ke masyarakat belum sampai, atau masyarakat belum menanggapi secara sempurna, kami rasa jika masyarakat tidak menyambut baik ini adalah hal yang riskan, karena apa asuransi preminya dibayarkan oleh pemerintah daerah” kata Sumiati

Dari 121 desa di Tabalong, saat ini hanya ada 3 desa yang sudah mengikuti asuransi usaha tani padi. Yaitu para petani di Desa Manduin, Desa Pamarangan Kanan, dan Desa Kupang Nunding. (Norman)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Komisi II DPRD Tabalong Pantau Pengembangan Ikan DI BBI Kambitin

Jum Jun 26 , 2020
Tabalong – Komisi Dua DPRD Tabalong melakukan kunjungan kerja ke balai benik ikan kambitin pada 24 Juni 2020. Dalam kunjungan kali ini, Komisi Dua memantau proses perkembangan budidaya benih ikan serta prospek pemasasan benih ikan yang dihasilkan di BBI Kambitin. Dalam kunjungan kali ini, Kepala UPT BBI Kambitin menyampaikan kendala […]