Kemendagri Amanatkan 3 Pesan Untuk Percepatan Realisasi APBD 2021

TABALONG – Pemkab Tabalong mengikuti rapat koordinasi, percepatan realisasi APBD tahun 2021, provinsi, Kabupaten Kota se-Indonesia, yang dilaksanakan Menteri Dalam Negeri yang di pimpin Sekjen dan Irjen Menteri Dalam Negeri, pada 18 Juni 2021.

Dalam rapat ini Sekretaris Jenderal Menteri Dalam Negeri menyampaikan tiga tujuan utama rapat. Pertama menyatukan langkah dan strategi percepatan realisasi APBD tahun 2021, guna menstimulus pertumbuhan ekonomi di daerah. Kedua memberikan gambaran hasil analisa dan evaluasi realisasi APBD tahun 2021 per-11 Juni 2021. Serta sinegritas dengan Apip Stakholder terkait dalam upaya peningkatan realisasi belanja APBD tahun anggaran 2021.

Dalam paparannya Sekjen dan Irjen Mendagri juga terus mendorong Pemerintah Daerah agar dapat berkontribusi dalam percepatan realisasi anggaran APBD tahun 2021, terutama sektor terkait yang saat ini terlibat intens. Seperti, sekretaris daerah, Bpkad, Dinas Kesehatan, Inspektorat dan Stakeholder pendukung lainnya.

Dalam rapat ini juga disampaikan persentase realisasi belanja APBD Provinsi se-Indonesia tahun 2021 sampai sekarang, peringkat teratas di duduki oleh Provinsi Gorontalo dengan persentase 39,16%, dan realisasi terendah berada di Provinsi Papua Barat dengan persentase 6,83%. Sedangkan untuk kalimantan selatan sendiri berada di posisi tiga teratas dengan persentase 34,4%.

Percepatan realisasi APBD tahun 2021 di simpulkan untuk beberapa poin yakni, memberikan konsultasi dan bimbingan bagi pemda yang melakukan perubahan anggaran, sehingga penggunaan anggaran lebih efisien, efektif dan dapat di pertanggung jawabkan. Merealisasikan belanja penanganan covid-19, jaring pengaman sosial, bantuan sosial dukungan vaksinasi dan insentif tenaga kesehatan serta penyelesaian refocusing dan realokasi APBD tahun 2021. (Gazali Rahman).

Next Post

Hari Pertama Webinar Literasi Digital Membahas Tema Ini

Rab Jun 23 , 2021
Tabalong – Dibuka langsung oleh Bupati Tabalong, rangkaian seri webinar literasi digital di Tabalong resmi di mulai. Webinar ini diinisiasi oleh Kementrian Kominfo berkerjasama dengan Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japelidi) dan Siberkreasi Gerakan Nasional Literasi Digital. Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani mengatakan bahwa webinar ini adalah Langkah untuk menanggulangi penggunaan teknologi […]