Kembangkan Teknologi Pertanian, Pemkab Tabalong Jalin Kerjasama Dengan BPTP Kalsel

TVTABALONG – Pemerintah Kabupaten Tabalong menandatangani perjanjian kerjasama, dengan balai pengkajian teknologi pertanian (BPTP) Kalimantan Selatan, pada Kamis 10 Juni 2021, di Wisma Tamu Bersinar Pembataan, Kecamatan Murung Pudak. Kerjasama ini terkait dukungan inovasi teknologi yang akan dikembangkan BPTP Kalsel di Kabupaten Tabalong.

Dalam sambutannya, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani menilai, kerjasama yang dijalin BPTP Kalsel dengan Pemkab Tabalong merupakan keputusan tepat. Mengingat ibukota negara baru akan dibangun di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sehingga Kabupaten Tabalong akan menjadi penyangga Ibukota Negara.

 “Saya kira ini keputusan yang sangat baik pak, saya sudah mengatakan dengan pak sabur, kalo BPTP Balitbang Kementerian Pertanian memberikan perhatian lebih besar ke Kabupaten Tabalong itu adalah keputusan yang tepat. Karena suka atau tidak suka, 2024 Ibukota Negara itu sudah resmi pindah ke Kabupaten Paser Utara.” Kata Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Kepala BPTP Kalimantan Selatan, Muhammad Amin mengatakan, Kabupaten Tabalong sebagai calon penyangga Ibukota Negara Baru, harus mempersiapkan sektor-sektor produktif seperti pertanian. Oleh karena itu, ia berjanji BPTP Kalsel akan terus memberikan edukasi teknologi pertanian kepada kelompok masyarakat petani, sehingga usaha taninya berkembang lebih baik.

 “Saya kira Kabupaten Tabalong harus mempersiapkan diri, salah satu kesiapannya bagaimana sektor-sektor produktif ini harus dioptimalkan pengembangannya, salah satunya di sektor pertanian. Oleh karena itu BPTP Kalimantan Selatan terus memberikan edukasi terkait teknologi kepada kelompok masyarakat petani agar mereka semua terus mengembangkan usaha taninya jauh lebih baik kedepannya seperti itu.” Kata Muhammad Amin, Kepala BPTP Kalimantan Selatan.

Amin memaparkan, sejumlah kerjasama inovasi teknologi pertanian yang sudah dilakukan BPTP Kalsel di Kabupaten Tabalong, seperti pengembangan ayam KUB atau ayam kampung unggulan balit bangtan. Identifikasi karakteristik sumber daya genetik lokal, yakni 10 varian durian khas Tabalong sejak tahun 2018 silam. Serta pendampingan dalam meningkatkan produktivitas di sektor ketahanan pangan, palawija, dan ternak. (Alfi Syahrin).

Next Post

Tanam Bibit Durian, BPTP Kalsel Harapkan Kebun Raya Tanjung Puri Jadi Agro Wisata

Rab Jun 16 , 2021
TVTABALONG – Pemerintahan Daerah Kabupaten Tabalong bersama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Selatan, melakukan penanaman bibit durian unggul khas Tabalong pada 10 Juni 2021. Penanaman bibit durian dilakukan di Kebun Raya Tanjung Puri Kabupaten Tabalong. Bibit ini sebelumnya telah melalui proses seleksi, sehingga dipastikan bibit yang ditanam merupakan bibit unggul. […]