Kelompok Tani Hariang Budidayakan Itik Peking

TABALONG – Kelompok tani mau maju Desa Hariang, Kecamatan Banua Lawas, ingin meningkatkan peternakan itik yang mereka kelola, dengan membudidayakan itik jenis peking. Pasalnya saat ini kelompok tani ini telah berhasil membudidayakan itik petelur.

Sebagai tahap percobaan, poktan mau maju menerima bantuan dari Dinas Pertanian sebanyak 400 ekor anakan itik peking, yang dipelihara dua orang anggota kelompok tani, dengan pembagian masing-masing 150 dan 250 ekor. Anakan ini didatangkan dari balai pembibitan ternak unggul dan hijauan pakan ternak pelaihari pada 22 Juli 2021.

Kelompok tani mau maju Desa Hariang sendiri saat ini telah sukses dalam budidaya itik, meliputi penetasan, penggemukan, hingga budidaya itik petelur. Ketua kelompok tani mau maju , rafi’i, mengatakan, ia sudah beternak itik sejak tahun 2013, dan berhasil hingga kini. Ia pun tertantang untuk terus mengembangkan usaha peternakan itik dengan menyasar itik peking, bersama anggota kelompoknya.

 “Selama begaduh itik ni ya usaha tu kawa meningkat, imbah tu kawa menukar kendaraan kawa menyangui menguliahkan anak kawa sudah han..  “jadi ibaratnya tu” menambah usaha, yang behuma mayu makan aja tu.” Kata Rafi’i- Ketua Poktan Mau Maju Hariang.

Rafi’i menilai percobaan budidaya itik peking patut dilakukan untuk membuka kesempatan bagi kelompok tani agar lebih sejahtera. Karena menurutnya, petani harus terus berkembang, dan tidak boleh puas dengan pencapaian yang didapat saat ini. (M. Arie Arieyadi).

Next Post

Wabup Mawardi: Hasil Pertanian Wajib Kita Syukuri

Sen Sep 13 , 2021
TABALONG – Wakil Bupati Tabalong, Mawardi mengingatkan petani untuk memanfaatkan secara maksimal hasil panen mereka saat memasuki masa panen raya. Hal ini disampaikan mawardi saat beberapa kali mendatangi para petani hortikultura di Tabalong. Saat masa panen raya, tak jarang harga satu komoditi pertanian menjadi anjlok akibat ketersediaan yang melimpah di […]