Kelompok Prima Jaro & Muara Uya Dilatih Membuat Produk Olahan Ikan

TVTABALONG – Sebanyak 20 orang ibu rumah tangga yang tergabung dalam kelompok Perempuan Indonesia maju mandiri, mendapatkan pelatihan keterampilan tata boga dari DP3AP2KB Tabalong. Pada pelatihan yang dibuka 5 April 2021 ini, peserta diajarkan cara pembuatan berbagai makanan olahan berbahan dasar komoditi lokal. Salah satunya siomay ikan patin

Ikan patin sengaja dipilih sebagai bahan utama dalam pelatihan ini, karena ikan jenis ini merupakan salah satu komoditi daerah Tabalong. Selain itu, ikan patin juga banyak diminati masyarakat dan dapat diterima masyarakat luas.

“Biasanya siomay itu identik dengan udang, ayam, nah disini karena kita dengan ciri khasnya ikan patin jadi saya membuat inovasi yaitu membuat siomay dari ikan patin. Lebihnya tu ke ini banyak warga kita tabalong banyak yang suka ini ikan patin gitu kan ya, jadi kita mengkuti, karena kalo kita ke ayam ada yang alergi ayam, kayaknya gak ada deg ya kalo orang alergi dengan ikan patin, alhamdulillah, jadi lebih kesitunya kita.” Kata Narasumber Pelatihan Keterampilan, SIti Fatimah.

Peserta pelatihan asal Desa Garagata, Linjah, mengaku bersyukur dengan diadakannya pelatihan ini, karena ia bisa mendapatkan keterampilan pembuatan makanan olahan. Ia bersama kelompok prima asal desanya pun bertekad untuk mengembangkan keterampilan yang diberikan, sehingga meenjadi sumber penghasilan.

“Ya alhamdulillah sudah dapat ilmunya, sudah bisa apa prakteknya, mudah-mudahan kedepannya bisa jadi pengusaha. Insyaallah kami secepatnya bisa berusaha supaya maju, dapat penghasilan yang nyatanya sudah.” Ungkap Peserta Pelatihan Keterampilan, Linjah.

Selain pembuatan ikan patin, para peserta juga diberikan pelatihan pembuatan kacang telur, bakso ayam dan berbagai jenis makanan olahan lainnya. Pelatihan ini pun diharapkan dapat menumbuhkan peran kaum perempuan dalam meningkatkan perekonomian. (Maria Ulfah).

Next Post

Dinkes Tabalong Ingatkan Pentingnya PIRT Untuk Produk Makanan

Rab Apr 7 , 2021
TVTABALONG – Kelompok Perempuan Indonesia Maju Mandiri (PRIMA), yang mendapatkan pelatihan keterampilan tata boga dari DP3AP2KB Tabalong, juga dibekali pengetahuan keamanan pangan, dan cara perizinan pangan untuk produk industri rumah tangga. Pembekalan disampaikan Kepala Seksi Kefarmasian dan Alat Kesehatan dinas Kesehatan Tabalong, Aulia Abdus salam, saat membuka pelatihan pada 5 […]