Keberangkatan 507 Calon Jamaah Haji Tabalong Tertunda, Kemenag : Akan Diberangkatkan Tahun 2021

Tabalong – Kementerian Agama Republik Indonesia memutuskan untuk membatalkan penyelenggaraan ibadah haji ke Mekkah tahun 2020. Pembatalan pelaksanaan ibadah haji tahun ini, dibatalkan karena masih merebaknya pandemi covid-19 di berbagai negara, termasuk Indonesia dan Arab Saudi.

Dalam konferensi yang digelar Menteri Agama Fachrul Razi pada 2 Juni 2020, dijelaskan bahwa pembatalan pelaksanaan ibadah haji tahun 2020 berlaku bagi calon jamaah regular maupun haji khusus. Dengan demikian kementerian agama tabalong mencatat sebanyak 507 calon jamaah haji Tabalong yang telah melunasi BPIH, terpaksa harus menunda niatnya melaksanakan rukun islam yang ke lima tersebut.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji Dan Umrah Kemenag Tabalong, Mustafa Inani menjelaskan, sebelumnya pemerintah telah menyiapkan 3 alternatif terkait pelaksanaan ibadah haji ditengah pandemi covid-19. Seperti memberangkatkan semua jamaah terdaftar, atau membatasi jamaah yang berangkat, atau bahkan membatalkan seluruh pelaksanaan ibadah haji jika pandemi covid-19 masih belum berkurang.

“Pada awalnya rencana menteri agama keberangkatan itu rencana ada yang berangkat sepenuhnya kemudian ada pengurangan kuota dan yang ketiga di tunda ataupun dibatalkan jemaah haji tahun 2020 sekarang adanya Keputusan Menteri Agama RI No 494 Tahun 2020 adanya pembatalan langsung dibatalkan keberangkatan haji tahun 2020 masehi ataupun 1441 hijriah karenan meninggat akses pelayanan haji di arab saudi sampai saat ini belum ada habar berita yang dibuka sedangkan pemberangkatan haji kloter pertama itu 26 juni sudah berangkat jadi waktunya ini sanggat mepet sekali.” Kata Mustafa Inani

Mustafa inani menjelaskan, penundaan pelaksanaan ibadah haji telah sesuai dengan undan-undang tentang keutamaan jaminan kesehatan, keselamatan, keamanan calon jamaah haji, yang ditanggung negara, selama proses ibadah. Calon jamaah yang tertunda berangkat tahun ini, akan diberangkatkan pada tahun 2021 mendatang. (Munawarah)

Next Post

Calon Jamaah Haji Gagal Berangkat Tahun Ini Dapat Menarik Biaya Pelunasan

Kam Jun 4 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Pemerintah Indonesia telah memutuskan untuk membatalkan keberangkatan calon haji tahun 2020, karena pandemi covid-19 masih merebak di berbagai negara. Hal ini berlaku bagi seluruh jamaah asal Indonesia termasuk jamaah asal Kabupaten Tabalong. Namun, para jamaah […]
error: