Kartu Nikah Digital Sudah Diterapkan, Pengantin Dapat Download Melalui Barcode

TABALONG – Kantor urusan agama di Tabalong mulai menerbitkan kartu nikah digital sejak akhir 2020, bagi pasangan pengantin. Kartu nikah tersebut sebagai bukti identitas pernikahan yang memiliki banyak manfaat.

Seperti dapat digunakan untuk mengakses data pasangan suami istri dengan lebih cepat, karena mengandalkan teknologi. Sehingga pasangan suami istri tidak perlu lagi membawa buku nikah saat mengurus administrasi maupun bepergian. Kepala KUA Tanjung, Syaibani Alkan menjelaskan, pasangan yang baru menikah akan mendapat buku nikah yang dilengkapi dengan kartu nikah digital.

“setiap pasangan yang melaksanakan pernikahan maka akan diberikan bukti pernikahan atau dokumen pernikahan itu berupa kutipan akta nikah yang disebut buku nikah kemudian dengan adanya simkah web ini maka mempelai disamping diberikan buku nikah juga diberikan kartu nikah yang bersifat digital jadi bukan pengganti tapi adalah mendapat dua bukti.” Kata Kepala Kua Tanjung , Syaibani Alkan.

Syaibani alkan menambahkan usai melaksanakan pernikahan di kantor urusan agama, pasangan pengantin langsung bisa mendapatkan barcode  kartu nikah yang berbentuk digital. Kartu nikah ini juga bisa dimiliki pasangan yang menikah dibawah tahun 2020, namun saat ini kua yang ada di tabalong belum memiliki operator yang dapat menerbitkannya, sehingga kartu nikah hanya diberikan pasangan pengantin yang baru melaksanakan pernikahan. (Al Munawarah).

Next Post

PPKM Level 3, Kegiatan Seni Budaya Dibolehkan

Kam Sep 2 , 2021
TABALONG – Pemerintah telah memerbolehkan kegiatan kesenian dan kebudayaan untuk digelar secara terbatas ditengah pandemi covid-19. Aturan yang tertuang dalam instruksi mendagri nomor 37 tahun 2021 ini menjadi harapan besar pagi pegiat seni yang menggantungkan hidupnya pda kegiatan kesenian. Salah satu kelompok seniman yang tergabung dalam genta atau generasi Tabalong […]