Karhutla Tabalong Capai Ratusan Hektar, 3 Kecamatan Jadi penyumbang Tertinggi

TVTABALONG – Kasus kebakaran hutan dan lahan di Tabalong meluas. Hingga awal oktober 2019, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tabalong mencatat, 257 hektar hutan dan lahan di Tabalong terbakar.

Luasan lahan yang terbakar tersebut, tersebar di 12 kecamatan se Tabalong. Namun tercatat 3 kecamatan mendominasi luasan lahan yang terbakar. Yaitu Kecamatan Murung Pudak, Kelua, dan Pugaan. Sedangkan kecamatan dengan kasus karhuta terendah adalah Haruai dan Jaro.

Pelaksana Tugas Sekretaris BPBD Tabalong, Mahyuni mengimbau warga untuk tidak membakar hutan dan lahan selama musim kemarau. Ia juga meminta warga untuk segera melaporkan kejadian karhutla, ke posko karhutla di kecamatan.

“memasuki 1 oktober tercatat di BPBD pendataan karhutla dimulai 1 januari, jumlah lahan yang terbakar 257 Hektar” papar Mahyuni

“untuk wilayah terbanyak di selatan, terutama Kecamatan Kelua, kemudian Pugaan dan wilayah tengah Kecamatan Murung Pudak”

Mahyuni menekankan agar masyarakat tidak membakar hutan dan lahan. Pasalnya menurut Mahyuni, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk menekan karhutla, supaya Tabalong terhindar dari dampak buruknya.

Normansyah

Tinggalkan Balasan

Next Post

Wilayah Selatan Tabalong Paling Terdampak Kabut Asap

Kam Okt 3 , 2019
TVTABALONG – Wilayah selatan Tabalong, dinyatakan sebagai wilayah yang terkena dampak kabut asap terparah, jika dibandingkan wilayah tengah dan utara Tabalong. Hal tersebut berdasarkan hasil pengukuran tingkat polusi asap dengan alat integrated ambient air quality, yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Tabalong. Berdasarkan hasil pengukuran dengan metode  parameter SO2 dan NO2, […]