Kabar Gembira! BLT Dana Desa Kembali Cair Selama 12 Bulan

Tabalong – Pemerintah Kabupaten Tabalong, melalui #desa, kembali mengarahkan aparat desa untuk menyalurkan bantuan langsung tunai atau BLT dana desa. Pada anggaran tahun 2021, bantuan langsung tunai akan berjalan selama dua belas bulan.

Hal tersebut juga berdasarkan, peraturan menteri keuangan nomor dua ratus dua puluh dua, pmk nol tujuh, tahun 2020.

Dari Peraturan Mentri Keuangan Bab Tujuh Pasal Dua Puluh Delapan Ayat Empat, BLT dana desa merupakan prioritas utama dalam penggunaan dana desa. Mengenai nominal bantuan langsung tunai, yang akan di salurkan pemerintah desa, bernilai tiga ratus ribu rupiah, untuk masing masing kelompok penerima manfaat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa, Arianto menjelaskan, dalam peraturan menteri keuangan, yang di sosialisasikan 7 januari 2021, mewajibkan pemerintah desa untuk menyalurkan kembali bantuan langsung tunai selama dua belas bulan.

“Jadi PMK 222 kaitannya dengan salah satunya itu menyangkut tentang penggunaan dana desa, yang dalam hal ini penggunaan dana desa untuk BLT nah memang blt dana desa itu di arahkan untuk dibayarkan dilaksanakan lagi oleh desa, dan di PMK dsitu jelas bahwa dilaksanakan lagi selama 12 bulan” kata Arianto

Arianto mengungkap, pihaknya belum mengetahui jumlah pasti penerima bantuan langsung tunai dana desa tahun 2021. Namun ia menyampaikan kemungkinan perubahan jumlah penerima BLT. Ia pun berharap para aparat penyalur BLT dana desa, dapat mengarah BLT dana desa tepat sasaran.

Next Post

Pilkades Serentak di 64 Desa Se-Tabalong Akan Dilaksanakan Awal November Mendatang

Sel Jan 12 , 2021
Tabalong – Pemilihan kepala desa serentak gelombang kedua di Tabalong, direncanakan akan digelar pada bulan November 2021 mendatang. Berbeda pada pemilihan sebelumnya yang digelar agustus 2019, pelaksanaan pilkades serentak tahun ini menyesuaikan permendagri nomor tujuh puluh dua, terkait pemilihan dimasa pandemi. Yang mana satu tps maksimal hanya untuk lima ratus […]