Juru Pemantau Jentik untuk Tekan DBD

TVTABALONG -Dinas Kesehatan Tabalong menggelar pertemuan Desiminasi Informasi dan Mobilisasi Sosial Pencegahan Penyakit Menular, khususnya demam berdarah. Pertemuan yang dilaksanakan pada Kamis (19/9/2019) ini, didasari atas meningkatnya temuan kasus demam berdarah di tahun 2019.

Untuk menekan penyebaran penyakit demam berdarah, Dinas Kesehatan menggandeng sejumlah pihak, seperti pemerintahan desa, puskesmas dan masyarakat dalam memberantas penyebaran jentik nyamuk DBD. Upaya dilakukan dengan mengoptimalkan Juru Pemantau Jentik nyamuk DBD, khususnya di wilayah endemis, seperti Kecamatan Murung Pudak dan Tanjung.

Bahkan Sekretaris Daerah Tabalong, Abdul Muthalib Sangadji, yang turut hadir di acara ini menghendaki setiap rumah memiliki kader Jumantik. Sehingga upaya menekan penyebaran penyakit DBD dapat lebih maksimal.

“Di pemukiman ini, 1 rumah  kita hendaknya ada 1jumantik” kata Abdul Muthalib

“Yang penting, Kader yang sudah kita bina ini yang nanti juga melakukan pembinaan, sehingga akan ada di setiap rumah 1 orang minimal sebagai Jumantik memantau jentik, karena yang paling efektif ini menanggulangi DBD”tambahnya

Pengendalian jentik nyamuk dinilai merupakan cara yang paling tepat memutus rantai penyebaran penyakit DBD. Kepala seksi pengendalian penyakit menular Dinas Kesehatan Tabalong, Taufiq menjelaskan, tugas kader jumantik dapat memastikan perkembangan jentik nyamuk terputus dengan cara 3M plus.

 “masyarakat kita, keluarga yang berada di wilayah endemis bisa menyisihkan waktunya dalam keterbatasan waktu yang ada untuk melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk di rumah masing-masing. Diharapkan secara serentak”jelas Taufiq

Taufiq menambahkan, jumlah temuan kasus DBD di wilayah endemis Kecamatan Murung Pudak dan Tanjung mengalami peningkatan dalam 3 tahun terakhir. Tahun 2017 ditemukan 38 kasus. Tahun 2018 meningkat menjadi 106 kasus, dan tahun 2019 meningkat lagi menjadi 168 kasus. (sari)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Kunjungi PMI Tabalong, PMI Kalsel Tinjau Pemberian Izin Operasional UTD

Jum Sep 20 , 2019
TVTABALONG – Palang Merah Indonesia Provinsi Kalsel bersama Dinas Kesehatan dan BPOM Kalsel, pada Senin (16 /9/2019) mengunjungi UTD PMI Kabupaten Tabalong. Kunjungan dilakukan untuk memastikan PMI Tabalong, layak mendapat izin operasional. Dari kunjungan ini, tim visitasi menilai bahwa PMI Tabalong telah memiliki bangunan dan fasilitas yang representatif untuk beroperasi. […]