Jumpai Supir Taksi, Tim Gabungan Tabalong Sosialisasikan Larangan Terminal Bayangan

TVTABALONG – Dalam rangka menjaga ketertiban umum, kelancaran, dan keselamatan lalu lintas, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia mengeluarkan surat edaran untuk menertibkan terminal bayangan angkutan antar kota antar provinsi, AKAP. Di Kabupaten Tabalong sendiri, setidaknya ada dua terminal bayangan atau termina liar, yang biasa ditempati para supir angkutan taksi, di Depan Tanjung Bersinar Park, dan di sekitar Halaman Guru Danau, Mabuun Kecamatan Murung Pudak.

Mengikuti instruksi surat edaran Kemenhub RI, Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong mensosialisasikan dan mengimbau larangan terminal bayangan, kepada para supir yang menunggu penumpang di kedua terminal bayangan tersebut, pada 8 Juni 2021. Sosialisasi dan imbauan disampaikan lantaran angkutan akap hanya diperbolehkan mengangkut dan menurunkan penumpang di dalam kawasan terminal.

Kepala Dinas Perhubungan Tabalong, tumbur manalu menceritakan, selama sosialisasi berlangsung terjadi pro dan kontra dari kalangan para supir. Namun ia tetap menghimbau, agar para pemilik angkutan dapat mematuhi aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan.

 “Terkait sosialisasi ini dan kenyataan yang ada di lapangan memang terjadi pro dan kontra, banyak pendapat-pendapat. Ya kami dari dinas sendiri, dari dinas perhubungan pun bisa memahami, namun kami tetap menghimbau kepada pemilik angkutan tersebut untuk ya paling tidak bisa mematuhi aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan.” Kata Tumbur P. Manalu, Kepala Dishub Tabalong.

Tumbur menjelaskan, untuk menjaga ketentuan angkutan harus berada di terminal, pihaknya akan mengkoordinasikan dengan dishub provinsi kalsel selaku pemegang kewenangan, untuk melakukan penindakan ataupun penertiban angkutan akap ini nantinya.  (Alfi Syahrin).

Next Post

Dishub Tabalong Akan Cari Solusi Sepinya Terminal Mabuun

Sel Jun 15 , 2021
TVTABALONG – Para supir angkutan di Tabalong, mengadukan sepinya penumpang di Terminal Mabuun pada Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong. Hal tersebut disampaikan para sopir angkutan saat sosialisasi larangan terminal bayangan yang dilakukan Dishub Tabalong para supir angkutan yang digelar pada 8 Juni 2021. Kepala Dinas Perhubungan Tabalong, Tumbur Manalu mengatakan, hal […]