Jubir GTPP Covid-19 : Penentuan Pasien Positif Ada Mekanismenya Dan Diumumkan Secara Resmi

Tabalong – Dalam beberapa hari terakhir, gencar beredar informasi terkait satu orang warga kecamatan murung pudak, yang positif covid-19, berdasarkan hasil pemeriksaan swab dari salah satu rumah sakit di tabalong. Namun pasien positif yang diisukan tersebut, tidak masuk dalam daftar tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Tabalong.

Juru Bicara Tim GTPP Covid-19 Tabalong, dokter Taufiqurrahman Hamdie, menegaskan, penentuan pasien postif covid nineteen secara resmi hanya dikeluarkan oleh tim gugus tugas provinsi. Pengumuman oleh provinsi tersebut, berdasarkan sampel swab tes, yang diteliti di laboratorium atau rumah sakit resmi rujukan covid-19, yang ditunjuk oleh pemerintah pusat.

Di kalsel sendiri, sampel swab tes dari 13 kabupaten kota se kaslel, diteliti melalui balai besar teknik kesehatan lingkungan dan pengendalian penyakit, BBTKLPP Banjarbaru.

Dokter Taufiq menjelaskan pihaknya tidak pernah menutupi temuan kasus positif covid-19 di Tabalong. Pasalnya pengumuman resmi penambahan pasien positif di setiap daerah, saat ini hanya berhak dilakukan oleh provinsi, yang diteruskan ke kabupaten.

Positive ya, yang namanya positive saya jelaskan kepada masyarakat, yang namanya kasus positive harus di umumkan oleh gugus tugas provinsi, ya kan, apalagi sangat lucu kalua pasien sendiri yang mengumumkan dia positive gitu, sangat dangkal sekali. Nah jadi sekali lagi kita punya satu kesepakatan rumusan, orang positive itu di umumkan oleh provinsi, dan saya melanjutkan  akan merilisnya setelah provinsi mengumumkan, karena kan kita tau mekanisme nya, kita sendiri kemaren untuk menyatakan negative orang tersebut sembuh saja kan harus ke provinsi dulu menunggu proses dan sebagainya.” Kata dr. Taufiq

Informasi ini masih dalam penyelidikan oleh Tim GTPP Covid-19 Tabalong, terhadap rumah sakit yang bersangkutan. pasien terkait akan ditindaklankuti dengan beberapa tahapan penelusuran secara epidemiologi. (Rangga)

Next Post

Simak Ini Kategori Usia Yang Rentan Tertular Virus Corona...

Sel Jun 2 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Kasus pengidap virus corona di Indonesia, didominasi oleh orang orang dengan usia 45 tahun keatas. Orang Indonesia pada usia tersebut  dinilai memiliki daya tahan tubuh yang lebih rendah, dibanding dengan usia dibawahnya. Mengingat paparan virus […]
error: