Jembatan Maandal Longsor, PUPR Tabalong : Kami Tangani Melalui Dana Pemeliharaan

Tabalong – Inilah video detik-detik longsornya salah satu sisi jembatan di Jalan Monalisa, Maandal, Desa Kapar RT 7, Kecamatan Murung Pudak, pada Senin 28 Februari 2022. Video ini diambil oleh warga sekitar, ermina supiah, kemudian sempat viral di media sosial.

Keesokan harinya, Ermina menceritakan, tanda-tanda longsor terlihat dari pukul 15, yakni tanah penyangga jembatan mulai berjatuhan. Melihat kejadian ini, warga setempat langsung berinisiatif memblokir sisi jembatan tersebut menggunakan ban bekas, agar tidak dilewati pengendara dan menghindari korban jiwa. Kemudian pukul 17 lewat, longsor terjadi secara perlahan dan sempat direkam oleh Ermina.

 “(Sebelumnya ini nih karena habis hujan kah bu jadi ini…?) Mungkin pas banjir itukan gugur, longsor terus. Kan sering seminggu ini air kan masuk terus ke bawah jembatan itu, gugur, itu mulainya. Semingguan itu tanahnya ambruk sedikit, pas bolong itukan ada sudah, pas jam 3 itu setengah centi hilangnya ke bawah. (Sudah keliatan bu lah?) Iya, jam 5 tu mulai sudah.” Kata Ermina Supiah, Warga Desa Kapar RT 7.

Lokasi terjadinya longsor ini pun ditinjau oleh Dinas Pupr Tabalong, BPBD Tabalong, dan Camat Murung Pudak. Dari hasil tinjauan, penanganan longsor yang akan dilakukan kurang lebih sepanjang 6 meter dan lebar 4 meter.

 “Hari ini segera kami tangani. (Ini nanti pakai dana pemeliharaan kah pak atau kayapa?) Ini sementara pakai dana pemeliharaan pak.” Kata Wibawa Agung Subrata, Dinas PUPR Tabalong.

Wibawa Agung pun mengimbau, kepada masyarakat yang melintasi jembatan agar berhati-hati, dengan melewati sisi jembatan lain yang masih kuat.  Namun ia meminta, mobil bermuatan berat untuk tidak melintas selama perbaikan dilakukan. (Alfi Syahrin).

Next Post

Menjaga Kesehatan Tulang

Rab Mar 2 , 2022