Jelang PON Papua, Sirkuit Marido Tabalong Jadi Pusat Latihan Tim Balap Motor Kalsel

TABALONG – Dipilihnya Sirkuit Marido sebagai salah satu wadah latihan atlet balap motor Kalsel, dikarenakan karakteristik sirkuit ini dinilai mirip dengan sirkuit Freedgeeb Waninggap Sai Gau Tak, yang akan digunakan untuk pon ke-20 di Papua, bulan Oktober mendatang. Kemiripan karakteristik yang dimaksud mulai dari bentuk, jalur, hingga rolling sirkuit.

Selain Sirkuit Marido, para atlet balap motor Kalsel juga akan menjajal sirkuit sabaru palangkaraya, dan sirkuit mijen semarang, sebelum berangkat ke Papua. Ketiga sirkuit ini telah diprogramkan sebagai wadah latihan oleh ikatan motor Indonesia provinsi kalimantan selatan, selaku organisasi yang membidangi cabang olahraga ini. (sirkuit lain dari youtube)

 “Kenapa kita jadi memilih sirkuit-sirkuit seperti itu, jadi sirkuit marido, sirkuit sabaru, ataupun mijen, itu kita mencoba mendekati karakteristik sirkuit yang ada di papua. Jadi bentuk sirkutinya, kemudian jalurnya, rollingnya, itu kita cobakan pada sirkuit-sirkuit yang kebetulan ada di 3 daerah tersebut.” Kata Heri Nispu Yanto, Kabid Olahraga Roda 2 IMI Kalsel.

Sirkuit Marido sendiri memiliki panjang lintasan hingga 1,85 kilometer, dengan lebar 10 meter hingga 15 meter. Terdapat 7 tikungan di sirkuit ini, terdiri atas hairpin atau putar balik di tikungan pertama dan kelima, chicane atau berbentuk huruf s di tikungan kedua hingga ketiga, serta sisanya dua tikungan ke kiri, dan satu ke kanan.  (Alfi Syahrin).

Next Post

Strategi Perencanaan Untuk Pembangunan Berkelanjutan

Rab Jul 21 , 2021