Jangan Panik, Rapid Test Bukan Penentu Seseorang Positif Covid-19

Tabalong – Sejak beberapa hari terakhir, Tim Siaga Covid-19 Tabalong melakukan rapid tes bagi sejumlah orang di Tabalong yang pernah kontak langsung dengan pasien terkonfirmasi positif covid-19 ataupun yang terkait salah satu cluster besar penyebaran covid-19 .

Dari total 44 pemeriksaan, 17 diantaranya dinyatakan reaktif. Istilah reaktif sendiri dipakai untuk menepis pemahaman masyarakat, yang masih beranggapan pemeriksaan rapid tes, sebagai penentu orang tersebut positive corona.

Penyebab reaktifnya seseorang dalam pemeriksaan rapid tes, yaitu terdeteksinya antibody terhadap semua jenis virus di dalam tubuh orang tersebut. Sehingga antibody yang terdeteksi pada pemeriksaan rapid tes, belum bisa dipastikan berasal dari serangan virus covid-19.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Tabalong, dokter Taufiqurrahman Hamdie, menjelaskan, kurangnya pemahaman masyarakat mengenai pemeriksaan rapid tes, kemungkinan akan menimbulkan tekanan psikologis yang sangat besar,bagi orang-orang yang dinyatakan reaktif dalam pemeriksaan rapid test. Padahal pasien diminta tetap tenang untuk menjaga stabilitas imunitas tubuh.

Dokter Taufiq mengingatkan kembali bahwa hasil rapid tes hanya untuk memudahkan pihaknya melakukan tracing, guna mempercepat penanganan kepada orang orang dengan kriteria tertentu pada kasus covid-19 di Tabalong.

“saya hanya mengingatkan bahwa rapid tes ini bukan memastikan seseorang sudah positive ya, ini hanya langkah kami melakukan tracing, kenapa kami harus melakukan tracing,karena semakin cepat kita melakukan tracing,sehingga dapat dipasyikan orang orang ini terinfeksi atau tidak,tentu semakin cepat penanganannya, tanpa kiata tracing kita tidak akan tau sejauh mana penularan penularannya, dan orang orang yang sudah di tracing ada tindakannya apakah harus di diisolasi atau tidak, jadi semakin cepat kita melakukan deteksi itu semakin cepat kita menentukan pola dari penularan ini.” Kata Taufiq.

Kemudian untuk tahap selanjutnya,orang orang yang terindikasi reaktif dari hasil rapid test tersebut,akan dilakukan uji swab dan PCR pada lab,untuk memastikan apakah seseorang tersebut positive terindikasi covid 19 atau justru terindikasi virus lain. (Rangga)

Next Post

Kreasi Dari Kain Perca | WARNA Spesial Kreasi di Tengah Pandemi

Rab Apr 15 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email
Featured Video Play Icon
error: