Jangan Panik! Ini Tips Cegah Ular Masuk Rumah…

TABALONG – Kabupaten Tabalong merupakan daerah dengan morfologi yang beragam. Kawasan perbukitan, dataran beregelombang, hingga dataran rendah atau rawa. Tabalong juga banyak memiliki sungai, baik sungai kecil maupun besar. Sehingga bukan hal yang tidak mungkin, Tabalong menjadi salah satu habitat tempat tinggal ular python.

Mencegah selalu lebih baik dari pada mengobati,  hal ini juga berlaku di luar bidang kesehatan. Kita sebagai masyarakat dapat mencegah agar ular python tidak membuat habitat tempat tinggalnya di lingkungan sekitar kita.

Seperti yang dijelaskan kepala seksi pencegahan dan penanggulangan kebakaran Satpol PP Tabalong, jumansyah,  hal yang paling utama dan paling mudah untuk dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan, baik dari sampah organik maupun sampah non organik. Pasalnya tempat kotor sering menjadi sarang tikus yang merupakan salah satu makanan ular python.

 “sebenarnya itu yang pertama adalah untuk menjaga kebersihan rumah karena untuk ular jenis binatang melata ini kelaparan kalau di habitatnya dia kehabisan makanan biasanya dia cari kerumah rumah, terutama tikus, kemudian ayam kalau ada masyarakat yang pelihara ayam, kemudian juga seperti piton ini dia tidak menutup kemungkinan untuk mencari kucing karena kucing itu menjadi sasaran tempat dia makan juga, yang kemudian kebersihan ini bekas bekas sampah, bekas sampah ikan misalnya yang mengandung bau busuk seperti ikan atau apa jangan sampai bertumpuk di halaman depan maupun belakang rumah harus segera dibersihkan karena itu mengundang, bau bau seperti itu mengundang” Kata Jumansyah- Kasi PPK Satpol PP Tabalong.

Selain menjaga kebersihan lingkungan, menempatkan benda berbau tajam seperti kamper, kapur barus atau menyiramkan karbol di sudut rumah juga dapat mencegah masuknya ular. Namun jika ingin mengusir ular terlanjur masuk kedalam rumah, masyarakat harus mengenali terlebih dahulu jenis ularnya. Jika ular berbisa, masyarakat diminta langsung menghubungi petugas damkar terdekat. (M. Arie Arieyadi).

Next Post

Hibah Masyarakat, Bangunan Baru MTSN 7 Tabalong Diresmikan

Sel Jul 13 , 2021
TABALONG – Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tabalong, Taufik Rahman, meresmikan bangunan baru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tabalong. Bangunan ini merupakan hasil hibah dari Amrani, salah seorang tokoh masyarakat di lingkungan MTS Negeri 7 Tabalong. Hibah yang diterima MTS Negeri 7 Tabalong berupa tanah dengan ukuran 11 kali 20 meter, […]