Jangan Heran, Suku Banjar Manfaatkan Cempedak Dari Biji, Daging Buah Hingga Kulitnya

TVTABALONG – Warga Kalimantan Selatan, khususnya Tabalong, pasti telah mengenal buah cempedak. Buah dengan aroma dan rasa yang khas ini, kini mulai ramai dijajakan para pedagang. Tidak hanya dalam bentuk utuh, cempedak juga ada yang dijual terpisah antara kulit dan daging buah.

Jangan heran, karena Suku Banjar memanfaatkan cempedak mulai dari biji, daging buah, hingga kulitnya. Sehingga muncul inisiatif para pedagang untuk menjual cempedak terpisah antara daging buah dan kulitnya.

Salah satunya Masitah. Sejak 2 minggu terakhir ia menjajakan cempedak,  mulai dari buah cempedak yang utuh, daging buah, serta kulit cempedak. Selain itu ia juga menjual kulit cempedak yang telah diasinkan, atau biasa disebut mandai, yang dikemas didalam toples. Harga yang ditawarkan pun bervariasi.

“bisanya orang banyak beli kulit yang harga 8 ribu sekilo ini dan mandai juga, untuk dijadikan lauk dan sayur” kata Masitah

Masitah menambahkan, kebanyakan pembeli datang mencari buah yang utuh. Namun tidak sedikit juga pembeli yang mencari manday kulit cempedak, yang biasa dimanfaatkan warga sebagai tambahan lauk saat makan.(Sari)

Next Post

Raup Ratusan Ribu Perhari Dari Buah Cempedak

Jum Jan 24 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email TVTABALONG – Siapa menyangka, menjual cempedak cukup menguntungkan, asal penjual kreatif dan mampu membaca kebutuhan konsumen. Jika dahulu cempedak hanya dijual utuh, saat ini, cempedak ada yang dijual terpisah antara kulit dan daging buah. Pasalnya tidak sedikit […]
error: