Jamu Temu Ireng Jadi Andalan Warga Catur Karya Cegah Corona

Tabalong – Usai meresmikan Kampung Tangguh Banua di Desa Catur Karya, pada 18 Juni 2020, Bupati Tabalong berserta jajaran menanam tanaman obat keluarga berupa temu ireng. Jenis tanaman rimpang satu ini banyak dimanfaatkan warga di desa ini sebagai tanaman obat.

Kepala Desa Catur Karya, Dwi Adi Saputra, mengatakan, temu ireng berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, temu ireng di desa ini dijadikan olahan jamu, dan dikonsumsi masyarakat setempat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

“Itu tanaman obat masyarakat pak, tanaman toga itu berfungsi masingmasing itu ada fungsinya sendirisendiri. Kalo yang lebih khas untuk desa kami ini temu ireng, temu ireng itu bisa menahan imun tubuh pak, makanya mungkin kaya bapak sudah merasakan jamu olahan ibuibu pkk, makanya masyarakat kami inshaallah tidak apaapa dengan virus corona, bukannya menantang tapi kami lebih waspada untuk memerlukan jamujamu tersebut.” Kata Dwi Adi Saputra.

Pada kesempatan ini, bupati tabalong beserta jajaran juga berkesempatan mencoba jamu – jamu tersebut. Ada empat varian jamu yang diproduksi oleh ibu – ibu PKK Desa Catur Karya, yaitu jamu asam sirih, kunyit asam sirih, wedang jahe, dan beras kencur.

“Itu kami membuat jamu asam sirih sama kunyit asam sirih, sama jamu wedang jahe ada juga, sama beras kencur pak. Kita itukan di kampung ini memang apa ya namanya, harus kebanyakan sih mengonsumsi obatobat dari dokter, cuma kami berinisiatif untuk mencegah penanggulangan penyakit yang sekarang mewabah ini kami inisiatif untuk meolah jamu tradisional, yaitu salah satunya itu tadi jamu kunyit asam sirih, kunyit asam, juga wedang jahe, itu yang sangat perlu sekali dalam tubuh kita untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita pak.” Kata Gyartini

Jamu – jamu olahan di desa catur karya dijual dari harga 10 ribu rupiah untuk botol kecil, dan 20 ribu rupiah untuk botol besar. Jamu dapat diperoleh di kantor upduak karya mandiri pkk desa catur karya, kecamatan haruai. (Alfi)

Next Post

Raker Dengan Disdukcapil, Komisi 1 DPRD Tabalong Soroti Perekaman EKTP

Sen Jun 22 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Komisi Satu DPRD Tabalong memenggelar rapat dengan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Tabalong, mengenai evaluasi kependudukan dalam pendistribusian blangko KTP Elektronik, pada 17 Juni 2020. Dalam rapat ini, disdukcapil tabalong menyampaikan kinerja pelayanan kependudukan yang […]
error: