Jadi Wadah Konsultasi UMKM, Begini Program Kerja PLUT 2021…

TVTABALONG – Sejak berdiri pada Oktober 2020, pusat layanan usaha terpadu koperasi usaha mikro kecil dan menengah Kabupaten Tabalong, memberikan banyak layanan terhadap para pelaku usaha mikro yang ingin berkonsultasi terkait produk yang mereka miliki.

beberapa pelayanan konsultasi yang ada di PLUT diantaranya, pelayanan kelembagaan dan izin usaha, pembiayaan, peningkatan SDM, desain produk, dan pemasaran. PLUT memberikan jasa pelayanan non financial kosnultasi menyeluruh dan komperhensip secara gratis bagi pelaku UMKM yang ingin berkonsultasi.

Pada tahun 2021, pusat layanan usaha terpadu berencana akan melakukan pendataan terhadap UMKM yang memilik produksi komoditas unggulan daerah. Hal ini diungkapkan Kepala kantor pusat layanan usaha terpadu, Noorita Hidayati. Ia mengatakan, pendataan ini bertujuan agar  pelaku usaha yang memiliki produksi komoditas unggulan daerah, dapat tampil di even besar seperti pameran.

“kedepannya nanti juga kita akan mendata untuk UMKM yang memproduksi komoditas unggulan daerah, jadi tujuan kami untuk mendata itu, supaya nanti kalau misalnya ada pameran pameran di tingkat Kabupaten, Provinsi, sampai nasional, nanti mereka itulah yang diikutkan, jadi merek juga akan kita bina, supaya produk produk kita yang unggulan di daerah ini benar-benar kalau bias sampai ke level nasional.”  Tuturnya.

Selain itu, tahun ini, PLUT Tabalong juga akan menyelenggarakan program UMKM naik kelas. Terdapat 3 tahapan pada program ini, yaitu, mikro tangguh, mikro unggul, dan mikro mandiri. Dari mikro biasa ke mikro tangguh diikuti 40 UMKM, dari tanggguh ke unggul 28 UMKM, dan dari unggul ke mandiri 12 UMKM, sehingga total sebanyak 80 UMKM yang akan mengikuti program umkm naik kelas pada tahun 2021 ini. (Muhammad Ariadi).

Next Post

SMANTA Empire Berakhir, Kreativitas Siswa Diminta Terus Maju & Berkembang

Jum Mar 26 , 2021
TVTABALONG – Kegiatan SMANTA Empire 2021, dengan tema pandemic is not obstacle to continue working, tiba di hari puncak pada 24 Maret 2021. SMANTA Empire 2021 merupakan kegiatan yang digelar SMA Negeri 1 Tanjung dalam memperingati hari jadi ke 55 tahun sekolah ini. Puncak SMANTA Empire 2021, kali ini dibuka […]