Iuran BPJS Naik, Peserta Mandiri Bisa Daftar Jadi Penerima Bantuan Iuran

TVTABALONG – Sebagai bentuk solusi untuk menjamin kesehatan masyarakat, pemerintah membuka pendaftaran bagi peserta BPJS mandiri, untuk menjadi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). Dengan terdaftar sebagai PBI, peserta akan dibebaskan biaya iuran BPJS Kesehatan, karena telah ditanggung oleh pemerintah.

Sumber dana penerima bantuan iuran, ada yang berasal dari pemerintah pusat yaitu melalui Kementerian Sosial. Ada pula yang berasal dari bantuan pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan. Sedangkan masyarakat yang ingin ikut PBI dapat langsung mendatangi instansi terkait.

Kepala kantor BPJS Cabang Tanjung, Ideham Halik, mengatakan, PBI BPJS Kesehatan bagi peserta mandiri yang merasa terbebani dengan pembayaran iuran. Selainj itu juuga bagi masyarakat yang belum terdaftar di bpjs kesehatan.

“Sebenarnya yang utama ialah bagi masyarakat yang belum punya BPJS dan masyarakat miskin. Tetapi kalau ia merasa keberatan boleh saja. Artinya ditujukan bagi peserta mandiri apalagi sampai anak 3, boleh ikut pemerintah pusat atau daerah”kata Ideham

Ideham menambahkan, program PBI baik dari pemerintah pusat maupun daerah, telah berjalan di Kabupaten Tabalong. Saat ini ada sekitar 65 ribu jiwa telah terdaftar menjadi peserta PBI. Tahun 2020 ini, pemerintah Kabupaten Tabalong kembali menambah jumlah peserta PBI sekitar 75 ribu jiwa, bagi masyarakat Tabalong yang belum terdaftar di BPJS Kesehatan.

Syarif Hidayat

Next Post

Bangunan RSUD Lama Akan Jadi RS Tipe D

Kam Jan 9 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email TVTABALONG – Tahun 2021, pemerintah daerah menargetkan akan memiliki rumah sakit tipe D. Rumah sakit tersebut rencananya akan beroperasi di bangunan RSUD H Badaruddin Kasim yang lama, yang berlokasi di Kelurahan Tanjung. Namun sebelum dioperasikan, bangunan tersebut […]
error: