Iuran BPJS Kesehatan Resmi Naik

1

TVTABALONG – Pemerintah secara resmi menaikan iuran program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Kepastian kenaikan iuran menyusul keluarnya Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019, tentang perubahan atas Perpres noMor 82 Tahun 2018 tentang jaminan kesehatan.

Berdasarkan Perpres, kenaikan iuran terjadi bagi seluruh kelas BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan kelas 1 naik 100 persen, dari Rp 80 ribu menjadi Rp 160 ribu per jiwa. Kelas 2 naik dari Rp 51 ribu menjadi Rp 110 ribu per jiwa. Dan kelas 3 naik dari Rp 25,5 ribu menjadi Rp 42 ribu per jiwa.

Kepala Kantor BPJS Cabang Tanjung, Ideham Halik mengaku telah mengetahui kebijakan kenaikan tarif iuran BPJS. Selain itu, berdasarkan Perpres, perubahan tarif akan diberlakukan mulai 1 januari 2020.

kami sudah mendapatkan salinan perpres nomor 75 tahun 2019, tentang perubahan atas Perpres Nomor 82 tahun 2018, diantaranya memuat perubahan iuran baik mandiri maupun iuran dari pemerintah pusat dan daerah” terang Ideham

Menanggapi hal tersebut, beberapa warga mempunyai pandangan berbeda-beda, ada yang setuju tentang kenaikan tarif untuk menambah kualitas pelayanan kesehatan. Selain itu juga ada yang menolak karena kenaikan tarif yang mencapai 100 persen dinilai terlalu tinggi.

 “memang kami dari masyarakat mengingikan tarif untuk tidak naik, kalaupun naik,  kami minta pelayanan di rumah sakit agar semakin optimal”ujar salah satu peserta BPJS, Dwi Sutiarso

 “makanya kalau kemarin belum naik saya tidak keberatan, hitung-hitung jadi amal, tetapi dengan adanya kenaikan hingga 100 persen cukup berat bagi kami” kata peserta BPJS lain, Rutyo

Baca Juga : Peserta BPJS Kesehatan Ramai Turunkan Kelas Rawat

Berdasarkan Siaran Pers Humas BPJS Kesehatan, dari 221 juta peserta JKN KIS, hampir separuhnya dibiayai oleh pemerintah, tepatnya 96,8 juta penduduk miskin ditanggung lewat APBN  dan 37,3 juta penduduk ditanggung oleh APBD.

Melalui penyesuaian iuran diharapkan program JKN KIS akan mengalami perbaikan secara sistematik, seperti aspek pemanfaatan dan kualitas layanan kesehatan.

Syarif Hidayat

One thought on “Iuran BPJS Kesehatan Resmi Naik

Tinggalkan Balasan

Next Post

Peserta BPJS Kesehatan Ramai Turunkan Kelas Rawat

Jum Nov 1 , 2019
TVTABALONG – Disahkannya Peraturan Presiden tentang perubahan tarif BPJS Kesehatan, menyebabkan iuran bulanan BPJS Kesehatan naik hingga dua kali lipat. Kenaikan iuran yang berlaku januari 2020, membuat para peserta BPJS mandiri di Tabalong, menurunkan kelas rawatnya. Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor BPJS Cabang Tanjung, Ideham Halik, yang mengatakan, sejak keluarnya […]