Istirahat Cukup & Olahraga Kunci Utama Tingkatkan Imunitas

TABALONG – Akibat lonjakan kasus covid-19 tak sedikit masyarakat, yang memborong berbagai suplemen makanan seperti vitamin hingga susu beruang, karena dianggap mampu meningkatkan imun tubuh, hingga serta membersihkan paru-paru. Padahal anggapan tersebut justru tidak sepenuhnya tepat.

Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, dokter Taufiqurrahman Hamdie menjelaskan, susu beruang umumnya hanya susu murni yang mengandung nutrisi untuk memenuhi kebutuhan tubuh, sehingga dapat mempengaruhi imun. Disamping harus memenuhi nutrisi tubuh.

Kunci meningkatkan imun tubuh justru dapat dilakukan dengan beristirahat yang cukup serta berolahraga teratur.

“Akhir akhir ini ada anggapan di masyarakat bahwa dengan mengkonsumsi susu beruang dan vitamin tertentu bisa membantu kesembuhan covid jadi pada dasarnya hal hal tersebut merupakan suplemen yang bisa menambah daya tahan tubuh kita namun bukan hal tersebut yang utama jadi ada beberapa cara bagaimana kita meningkatkan daya tahan tubuh kita dimasa pandemi ini yang pertama kita harus kita lakukan adalah memperhatikan istirahat kita yang cukup karena istirahat yang cukup ini sebetulnya adalah dapat memperkuat daya tahan tubuh karena dengan tidur yang efektif tubuh akan memiliki mekanisme untuk menyembuhkan atau mengganti sel sel yang telah rusak, olahraga teratur rutin dalam kurun waktu 30 menit minimal 3 sampai 5 kali dalam seminggu dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi olah raga sesuai kemampuan seperti jalan kaki jogging di sekitaran.” Kata Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, dr. Taufiqurrahman Hamdie.

Dokter Taufiq menambahkan, untuk meningkatkan imun tubuh, masyarakat dapat mengkonsumsi makanan bergizi. Diantaranya makan yang banyak mengandung protein tinggi berasal hewani,telur,biji bijian, berjemur untuk mendapatkan sinar ultraviolet yang bisa mengubah pro vitamin d menjadi vitamin yang sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga perilaku hidup sehat,dan menjaga agar jangan sampai stres. (Al Munawarah).

Next Post

Outlet Drainase Dibangun, Lurah Pembataan: Diharapkan Bisa Optimal Alirkan Air

Jum Agu 13 , 2021
TABALONG – Inilah saluran drainase atau outlet pembuangan air ke lahan resapan di belakang Mapolres Tabalong pembataan, kecamatan murung pudak, yang terpantau pada 10 Agustus 2021. Outlet yang dibangun dinas pupr tabalong sepanjang 130 meter ini, berfungsi mengalirkan air dari saluran drainase depan kantor kelurahan pembataan. Untuk memperlancar aliran air, […]