Inovatif! Langsat Bisa Dijadikan Sirup & Selai

Tabalong – Langsat Tanjung merupakan buah khas Tabalong, yang terkenal dengan rasanya yang segar dan manis. Sayangnya buah ini hanya ada di musim tertentu. Namun kini Langsat Tanjung dapat dinikmati tanpa mengenal musim, melalui produk olahan.

Untuk mempertahankan eksistensi Langsat Tanjung di luar musim, Dinas Pertanian Tabalong memalui Bidang Hortikultura berinovasi dengan membuat sirup dan selai berbahan dasar langsat. Dengan dibantu balai penyulus Pertanian Tanjung, keterampilan ini pun diajarkan pada ibu-ibu tani di Kecamatan Tanjung dan Muara Harus.

Pelaksana Tugas Kepala bidang Hortikultura Dinas Pertanian Tabalong Ida Fuadi mengatakan, melaui pelatihan ini pihaknya ingin masyarakat dapat menikmati buah langsat diluar musim. Terlebih buah ini merupakan komoditas unggulan Tabalong.

“kita mengetahui langsat Tanjung merupakan komoditas unggulan kita, nah kita mengetahui saat penen besar harga langsat Tanjung terbilang murah, nah untuk itu nantinya mun dibikin ini, nantinya diluar musim dapat dinikmati, tentunya kita juga ingin ibu-ibu tani ini, bisa meningkatkan pendapatan, jadi tidak terpaku di penjualan dibentuk segar, tapi bisa juga dijual dalam bentuk olahan” ujarnya.

Ida Fuadi mnejelaskan, kegiatan ini sesuai harapan Pemerintah Daerah Tabalong yang ingin memperpanjang waktu dan jumlah persediaan, meningkatkan nilai tambah ekonomis dan nilai tambah sosial,  serta memudahkan masyarakat sekaligus nilai tambah untuk menyimpan maupun distribusi dari komoditi unggulan daerah.

Tinggalkan Balasan

Next Post

Jam Besuk Di RSUD HBK Ditiadakan

Kam Mar 26 , 2020
Tabalong – Seluruh fasilitas layanan kesehatan di Tabalong, untuk sementara waktu meniadakan jam besuk bagi keluarga dan kerabat pasien rawat inap. Setiap pasien hanya bisa dijaga oleh satu orang. Aturan ini sudah berlaku sejak 17 Maret 2020, hingga batas waktu yang belum ditentukan. Peniadaan jam besuk pasien rawat inap ini […]