Inilah Strategi BPPRD Untuk Mencapai Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Tahun 2021…

TANJUNG – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tabalong di tahun 2021, telah ditetapkan sebesar 207 milyar.  Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan pendapatan asli daerah di tahun 2020 sebesar 188 milyar rupiah. Senin (18/01).

Tingginya proyeksi target PAD Tabalong tahun 2021, membuat BPPRD Tabalong menyiapkan 10 strategi agar target PAD dapat terpenuhi. Seperti membangun system pendaftaran PBB secara online, tandatangan untuk penertiban PBB dan BPHTB secara elektronik.

BPPRD juga akan membangun sistem SMARTGOV yang akan terintegrasi dengan DPMPTSP dan DISDUKCAPIL, sehingga tax clearence akan dapat dilaksanakan.

Pelaporan bulanan pendapatan daerah telah siap secara online dan dapat diakses oleh semua pemangku kepentingan. Pembayaran retribusi daerah akan dilaksanakan secara elektronik dan bekerjasama dengan pihak terkait.

Kepala BPPRD Tabalong, Erwan Mardani mengatakan, dengan dipermudahnya pembayaran maupun pengurusan pajak secara online, maka dapat mempermudah masyarakat untuk membayarkan kewajiban mereka. Sehingga diharapkan akhirnya bisa meningkatkan pendapatan asli daerah.

“saya kira untuk meningkatkan perolehan pad ini harus ada berbagai cara dan strategi, jurus cara strategi dan taktik ya jadi salah satunya mungkin kesiapan sumber daya manusianya, yang ada di SKPD tersebut, kemudian juga karena Tabalong sudah dinyatakan sebagai smart city, nah tentu kawan-kawan di SKPD teknis yang mengampu retribusi dan kami juga yang mengelola pajak daerah harus berinovasi, jadi sekarang wajib pajak ini mau instant mau simple atau mudah begitu nah tentu ini harus kita fasilitasi dengan aplikasi” Tutur Erwan.

Selain itu, semua pimpinan SKPD yang mengelola retribusi daerah diminta terus meningkatkan komitmen bersama untuk memacu peningkatan PAD dan retribusi daerah.

BPPRD akan bekerjasama dengan Apdesi Kabupaten Tabalong dalam hal pembayaran PBB P2. Seluruh camat diminta untuk mendukung pembentukan paguyuban sarang burung walet di seluruh di wilayah kecamatan di Tabalong.

Dan BPPRD akan melakukan koordinasi dengan balai karantina hewan Kalsel, sehingga semua sarang burung walet yang di panen diwilayah Tabalong dapat tercatat dan memiliki buku saku serta surat keterangan asal barang. (Sherly N.A)

Next Post

Target Pendapatan Asli Daerah Tabalong Tahun 2021 Sebesar Rp. 207 M

Kam Jan 21 , 2021
TANJUNG – Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Tabalong, memproyeeksikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tabalong untuk tahun 2021 sebesar 207 milyar rupiah. Target proyeksi PAD tersebut disampaikan Kepala BPPRD Tabalong Erwan Mardani dalam rapat evaluasi PAD Tabalong untuk tahun 2020, yang digelar Wisma Tamu Pendopo Bersinar, Senin (18/01). […]