Inilah Rancangan Aplikasi SITEPAT (Sistem Informasi Peta Komoditas)..

TANJUNG  – Bagian Ekonomi dan Pembangunan Setda Tabalong, menggelar rapat koordinasi dalam rangka ekspose pendahuluan rancangan “Sistem Informasi Peta Komoditas”. Selasa (02/02).

Rapat digelar bersama pihak terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, BPPRD, dan Dinas Pertanian.

Rapat ini mengekspose sistem peta komoditas, berupa informasi peta di sektor pertanian, perkebunan, peternakan, maupun perikanan. Namun untuk sementara ini yang menjadi prioritas adalah bidang pertanian.

Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Syam’ani , selaku fasilitator dalam kegiatan ini mengatakan, sistem peta komoditas ini dibuat untuk memberikan informasi terkait rencana tanam, realisasi tanam, hingga produksi.

Sistem ini juga akan terintegerasi dengan harga komoditas pertanian, juga terintegrasi dengan peta kesesuaian lahan dan kesuburan lahan.

“Jadi disini kita akan membuat sistem yang akan memberikan informasi terkait dengan rencana tanam, kemudian realisasi tanam, termasuk nanti kita bisa memperkirakan, kapan tanam dan produksi untuk komoditas pertanian, dan sistem ini kami siapkan untuk terintegerasi dengan, harga komoditas pertanian, kemudian E-RDKK, Juga akan terintegerasi dengan peta kesuburan lahan, peta kesesuaian lahan.“Terangnya.

Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Tabalong, Suhadi menjelaskan, keuntungan dalam sistem ini, para petani mampu melihat minus dan surplusnya komoditas. Sehingga harga produk hasil pertanian dapat diantisipasi agar tidak anjlok.

agar mereka bisa melihat minus dan surplusnya komoditas, sehingga harga tidak begitu anjlok, sedangkan untuk masyarakat mungkin dia akan melihat dimana komoditas yang, misalnya dia ingin tomat, dia bisa menuju ke daerah mana, melihat di aplikasi sitepat” Ungkapnya.

Sistem ini nantinya akan dikemas dalam sebuah aplikasi yang di nama akan Sitepat, sehingga para petani hingga masyarakat dapat mengetahui informasi dan data terkait bidang pertanian. (M. Ariadi).

Next Post

Dukung Potensi Pertanian & Wisata Budaya, Kecamatan Upau Prioritaskan 3 Usulan

Rab Feb 3 , 2021
UPAU – Sebagai salah satu daerah yang terletak di wilayah utara kabupaten tabalong, kecamatan upau memiliki kondisi geografis berupa pegunungan dan perbukitan. Senin (01/02). Selain itu kecamatan upau memiliki keberagaman ras suku budaya dan kepercayaan. Kedua hal tersebut dipandang sebagai potensi dasar pengembangan pariwisata. Guna menyokong berbagai hal tersebut, pemerintah […]