Ini Keunggulan Implant & IUD untuk Tunda Kehamilan..

TVTABALONG – Saat ini banyak metode alat kontrasepsi yang ditawarkan kepada pasangan usia subur khususnya wanita untuk menunda kehamilan atau tidak ingin memiliki anak lagi. Baik penggunaan non metode kontrasepsi jangka panjang seperti pil, suntik, dan kondom. Maupun penggunaan metode kontrasepsi jangka panjang seperti implant, IUD, tubektomi atau metode operasi wanita dan vasektomi atau metode operasi pria.

Namun Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB Tabalong, lebih menyarankan masyarakat untuk menggunakan metode kontrasepsi jangka panjang berupa implant dan IUD. Hal ini dikarenakan kedua jenis MKJP tersebut efektif mencegah kehamilan dari 3 hingga 10 tahun.

“Bagi ibu-ibu yang cocok sesuai dengan kondisi tubuhnya maka bisa haid seperti biasa bilanya tidak haid bisa juga, jadi selama 3 tahun aman dalam berhubungan dalam satu keluarga jadi perasaan takut dsb tidak ada. Begitu juga MKJP IUD, IUD ini yg diselipkan di dalam rahim perempuan itu pemasangannya setelah haid atau setelah melahirkan, ini pada pemasangannya nanti dilakukan oleh bidan yang terlatih dan punya sertifikat dsb dan ini tanpa hormone.” Kata Kabid KB & K3 DP3AP2KB Tabalong, Rifansyah.

Dalam kesempatan ini Rifansyah juga menjelaskan MKJP permanen yang ditujukan bagi pasangan usia subur, yang tidak ingin lagi memiliki keturunan. Yaitu melalui metode operasi wanita, MOW, dan metode operasi pria, MOP. (Sherly Nova Arianti).

Next Post

Warna - Kisah Sukses Budidaya Cupang

Sen Mar 29 , 2021
Dalam beberapa waktu terakhir, pamor ikan cupang meningkat sebagai salah satu jenis hewan peliharaan. Tidak hanya dipelihara, namun banyak pula pecinta ikan cupang yang mulai membudidayakan ikan hias dengan warna dan bentuk sirip yang indah ini. Seperti yang dilakukan warga Desa Kambitin, Musa Alhadi.  Pria berusia 28 tahun asal Desa […]