Ini Kelebihan Jagung Varietas Baru Yang Ditanam Petani Bintang Ara

TVTABALONG – Bibit jagung varietas RK 457 UM 2, yang ditanam Kelompok Tani Sinar Pagi Desa Bintang Ara, merupakan salah satu benih jagung hibrida karya anak bangsa selain jenis j-h 37. Benih ini kualitasnya diakui secara nasional, bahkan internasional. Pasalnya pada akhir tahun 2020 lalu, benih jagung hibrida telah dikirim ke Thailand sebanyak 60 ton.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong, Saswoko, mengatakan jagung ini merupakan varietas baru, yang memiliki hasil produksi lebih besar di banding varietas sebelumnya.

 “jadi varietas ini merupakan varietas yang baru ya menurut informasinya, produksinya lebih besar hasil lebih tinggi tadi dikatakan 5 sampai 12 ton tergantung dari kondisi lahan kan, kondisi lahan dan pemupukan, kalau sesuai dengan sop nya bisa maksimal produksinya.” Kata Saswoko – Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong.

Selain hasil produksi yang lebih besar, Ketua Kelompok Tani Sinar Pagi Desa Bintang Ara, Misran mengatakan, limbah hasil panen jagung juga masih  bisa dimanfaatkan. Seperti batang dan daun dapat dijadikan pupuk organik, sedangkan daun yang masih basah bisa dijadikan pakan sapi.

 “kita juga dengan pemilik bibit ada nantinya penggunaan hasil sisa limbah itu, kalau untuk sisa dilapangan itu dia akan berupa batang dan daun itu akan menjadi pupuk, dan daun basah bisa di gunakan sebagai pakan sapi itu yang arahan dari dinasnya” Kata Misran – Ketua Kelompok Tani Sinar Pagi Desa Bintang Ara.

Jagung yang termasuk ke dalam jenis tanaman serelia, dipilih sebagai salah satu sumber pakan ternak. Karna jika dibandingkan dengan komoditas lainnya, jagung memiliki 70% karbohidrat, 10% protein dan 5% lemak. Bahkan kandungan pati yang terdapat dalam jagung lebih dari 60%-80%. (M. Arie Arieyadi).

Next Post

Pemkab Tabalong: Peluang Pasar & Peluang Usaha Tanaman Jagung Menjanjikan

Sen Jun 7 , 2021
TVTABALONG – Pemerintah saat ini gencar mendorong pembudidayaan tanaman pokok salah satunya jagung. Kelompok tani sinar pagi Desa Bintang Ara Kecamatan Bintang Ara menjadi salah satu kelompok tani di Tabalong yang menjalankan program tersebut, dengan menanam jagung jenis pakan ternak di lahan 10 hektar. Penanaman perdana dilakukan pada 2 Juni […]