Ini Fungsi & Manfaat Ventilator Untuk Pasien Gangguan Pernapasan Berat…

Tabalong – Berbagai dukungan datang dari sejumlah eprusahaan di Tabalong dalam percepatan penangan covid-19 di Tabalong. Salah satunya dari PT Sapta Indra Sejati, yang memberikanbantuan berupa alat ventilator pada tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 tabalong pada 3 Agustus 2020.

Ventilator merupakan alat atau mesin yang berfungsi untuk membantu pernapasan, terutama bagi pasien covid 19 dengan status pdp berat. Karena rata-rata pasien covid-19 dengan status PDP berat tidak dapat bernafas dengan normal. Sehingga ventilator berperan penting menyuplai oksigen yang cukup agar pasien dapat bernapas.

Namun penggunaan alat ventilator juga memiliki risiko bagi penggunanya. Juru bicara tim gtpp covid 19 Kabupaten Tabalong, dokter Taufiqurrahman Hamdie saat ditemui di ruang kerjanya menjelaskan mengenai mekanisme kerja alat ventilator, serta resiko penggunaan alat ventilator.

“Sebenarnya alat ini mekanisme kerjanya adalah seperti alat pernafasan juga dimana dalam waktu tertentu berfungsi untuk menghisap oksigen ke dalam tubuh kemudian beberapa saat berhenti mengkonpensasi paru-paru menggunakan udara yang keluar. Namun penggunaan ventilator ada efek samping nya jadi karena melalui proses inkubasi atau memasukan selang maka bisa menyebabkan kelukaan, bisa menyebabkan resiko infeksi kalau ventilator nya tidak steril dan sebagainya dan kemudian bisa memasuki paru-paru bila paru-paru nya bolong” kata dr. Taufiq

Taufiq menambahkan, selain gangguan paru-paru berat, ada pula beberapa kondisi yang membuat pasien membutuhkan alat ventilator, seperti pasien koma atau stoke, gangguan pada jangtung seperti gagal jantung, keracunan karbon dioksida, gangguan keseimbangan asam basa dan lain sebagainya.

Next Post

Sidak Kelua, 6 Orang Kedapatan Tidak Memakai Masker

Sel Sep 22 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Satuan gabungan penegakkan kedisiplinan Perbup Nomor 26 Tahun 2020, kembali melakukan sidak dan menemukan enam orang pelanggar tidak menggunakan masker, 17 September 2020, di Kecamatan Kelua. Sidak kali ini dilakukan tim gabungan bersama tiga pilar […]
error: