Ini Cara Warga Desa Hayup Kenang Perjuangan Pahlawan…

TABALONG – Sebagai wujud memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik ke-76, masyarakat Desa Hayup Kecamatan Haruai, secara swadaya menghias desanya. Mulai dari memasang umbul umbul di sepanjang jalan, membangun gapura dengan kreasi menarik, hingga membuat makanan dan minuman khas dari setiap RT.

Kebahagiaan terpancar dari wajah warga hayup saat tim penilai dari pemerintah desa dan kecamatan berkunjung. Mereka bersaing merebut hati tim penilai, mulai dari menjelaskan makna hiasan disetiap RT, hingga menyuguhkan penganan khas dari masing masing RT.

Melihat antusias warga yang mengikuti kegiatan ini, salah seorang Warga Desa Hayup, Agus Wahyono, mengharapkan agar kegiatan ini tidak hanya sebatas skala desa, namun bisa hingga ke tingkat kecamatan maupun kabupaten. Karena menurutnya, hal ini untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah Memerdekakan Republik Indonesia.

“Harapan kami bukan hanya di tingkat desa, kalau bisa dintingkat kecamatan, karena Kami sadar, pahlawan pahlawan itu berjuang demi untuk kemerdekaan, nah kita sebagai penerus nya, kalau kita nggak memeriahkan ya istilahnya udah nggak ikut berjuang kita enak enakan menikmati kemerdekaan, tapi kita nggak bisa mengenang hasil perjuangan tadi, jadi itulah harapan kami bukan hanya di RT, bahkan desa desa lain pun kalau bisa seperti tahun ini” Kata Agus Wahyono, Warga Desa Hayup.

Masyarakat desa hayup juga meminta dukungan dari pemerintah untuk membina masyarakat desa agar lebih produktif meski di tengah pandemi covid-19. Jika wabah covid ini sudah berakhir, masyarakat desa ini berencana menggelar kegiatan yang lebih meriah lagi, terutama untuk melestarikan seni budaya di setiap peringatan hari hari besar. (Muhammad Ariadi).

Next Post

Vaksinasi Terus Dikebut, Satgas Covid-19 Tabalong: Prioritas Selesaikan Vaksinasi Dosis Kedua

Sen Agu 23 , 2021
TABALONG – Dalam dua minggu terakhir, ketersediaan vaksin meningkat di Kabupaten Tabalong, mengingat distribusi vaksin dari pemerintah pusat kembali normal. Jumlah vaksin yang diterima Tabalong selama bulan Agustus ini sebanyak seribu 217 vial. Terdiri dari 767 vial vaksin sinovac dengan 10 dosis per vial, dan 450 vial vaksin moderna dengan […]