Ingatkan Pentingnya Cerdas dan Bijak di Era Digital, Kominfo Adakan Seri Webinar Di Tabalong

Tabalong – Meningkatkan penggunaan internet dan metode digital di masyarakat, Kementerian komunikasi dan informatika (Kemkominfo) bekerjasama dengan Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japelidi) dan Siberkreasi Gerakan Nasional Literasi Digital mengadakan sejumlah webinar tentang literasi digital di berbagai wilayah di Indonesia.

Kabupaten Tabalong menjadi salah satu daerah yang dituju untuk melaksanakan webinar tersebut, webinar ini berfokus dengan empat tema besar, yaitu digital skills, digital ethic, digital culture, dan digital safety.

Sudah ada dua webinar yang dilaksanakan di Tabalong, yaitu pada Senin, 21 Juni 2021 dengan tema “Tips dan Pentingnya Internet Sehat” yang diisi oleh narasumber lokal Awiek Hadi Widodo, Azhar Irwansyah, dan Agus Purowsari.

Kemudian webinar kedua pada Selasa, 22 Juni 2021, dengan tema “Digital Ethic Issue and Technology Use”, yang diisi narasumber lokal Hilas Stepanus, Gilang Wardhana, dan Tonie Kurniawan.

Selain narasumber lokal, webinar ini juga menghadirkan Key Opinion Leader dari Surabaya dan Jakarta.

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani saat membuka webinar tersebut mengatakan ini adalah salah satu gerakan nasional untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam penggunaan metode digital.

“Melalui webinar ini diharapkan masyarakat bisa menggunakan metode digital dan alat-alat komunikasi atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum.” Kata Anang.

Hilas Stepanus, seorang Relawan TIK yang bertindak sebagai narasumber pada webinar kali ini menyampaikan materi “Jenis-Jenis Mesin Pencarian Dan Tips Memilah Informasi Dari Mesin Pencarian”.

Hilas mengatakan materi ini ditujukan kepada masyarakat yang memang masih awam dalam dunia digital.

“Saat ini memang mencari informasi di internet sudah banyak digunakan, tetapi masih banyak belum mengerti dan tahu cara efektif dalam memilah informasi tersebut.” Kata Hilas.

Webinar Literasi Digital ini direncanakan akan ada 16 kali kegiatan yang dilaksanakan hingga Desember 2021 dengan berbagai narasumber dari lokal maupun nasional di mana seluruh masyarkat Tabalong bisa mengikutinya.

Di setiap webinar peserta akan mendapatkan e-sertifikat dan doorprize berupa saldo digital dengan total hadiah satu juta rupiah. (MC Tabalong)

Next Post

Dinas PUPR Tabalong: Jalan Sei Buluh – Binturu Diaspal Tahun Ini

Rab Jun 23 , 2021
TVTABALONG – Beginilah kondisi ruas jalan sungai buluh menuju binturu, Kecamatan Kelua, yang terpantau pada 14 Juni 2021. Ruas jalan ini sudah ditingkatkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tabalong, dengan konstruksi pasangan batu. Dinas PUPR akan melanjutkan peningkatan jalan dengan pengaspalan sepanjang 635 meter atau sesuai panjang pasangan […]