IKASBA Kalsel Sharing Upaya Tingkatkan Kerukunan Antar Suku & Umat Beragama

TVTABALONG – Pemerintah Kabupaten Tabalong menerima kunjungan ikatan kekeluargaan antar suku bangsa (IKASBA) kalimantan selatan, pada 3 Juni 2021, di aula tanjung puri Setda Tabalong Tanjung. Kedatangan IKASBA Kalsel ke Bumi Sarabakawa ini, untuk sosialisasi dan sharing dengan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Tingkat Kabupaten Tabalong.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Tabalong, Rahadian Noor mengatakan, pihaknya mengundang IKASBA Kalsel untuk berbagi pengalaman kepada FKDM dan FPK Tabalong, terkait tugas pokok dan fungsi mereka dalam menjaga kerukunan antar suku bangsa. Hal ini dilakukan mengingat Kabupaten Tabalong memiliki keberagaman yang cukup luas, mulai dari agama hingga suku bangsa.

 “Mengundang sengaja untuk memberikan pencerahan kepada kawan-kawan kita yang terhimpun dalam forum kewaspadaan dini masyarakat dan juga FPK bagaimana mereka dalam melaksanakan tugas, pokok dan fungsinya, khususnya di kabupaten tabalong karena kita kabupaten tabalong sebagai mungkin berbagai agama, suku bangsa, yang sangat rentan adanya konflik sosial.” Kata Rahadian Noor, Kepala Badan Kesbangpol Tabalong.

Ketua ikasba kalsel, aliansyah mahadi berharap, dengan adanya pertemuan ini ikasba, FKDM, dan FPK saling bersinergi, dalam menjaga kedamaian, kerukunan, kenyamanan, dan keamanan. Serta membangun rasa kebersamaan dan kekeluargaan dalam satu wadah.

 “Kami dari ikasba mengharapkan supaya kita sinergi antara IKASBA, FKDM, dan FPK dalam rangka bagaimana kita menjaga kedamaian, kerukunan, kenyamanan, keamanan, dan tetap membangun rasa kebersamaan kekeluargaan dalam satu wadah. Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung.” Kata Aliansyah Mahadi, Ketua Ikasba Kalsel.

IKASBA Kalsel saat ini beranggotakan 32 Etnis atau Suku Bangsa, mulai dari Suku Banjar, Madura, Arab, hingga Etnis Tionghoa. Sedangkan di Kabupaten Tabalong sendiri, FKDM baru beranggotakan 14 Suku Bangsa. (Alfi Syahrin).

Next Post

Pastikan Vaksinasi Lancar, Bupati Anang Tinjau Kesiapan RSUD Usman Dundrung

Kam Jun 10 , 2021
TVTABALONG – Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani meninjau rumah sakit Covid Center Haji Usman Dundrung, pada Senin 7 Juni 2021. Tinjauan dilakukan untuk memastikan kesiapan sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan vaksinasi. Pasalnya rumah sakit ini akan menjadi pusat pelaksanaan vaksinasi untuk wilayah Kecamatan Tanjung & Murung Pudak. Dalam tinjauan ini, Bupati […]