Hivianor: Saya Bangga Jadi Anak Pejuang

TABALONG – Masa Veteran saat ini mungkin telah berakhir tapi tidak dengan segudang kisah dan jasa perjuangan mereka. Mengenang masa perjuangan merupakan rasa hormat yang dapat diberikan para penerus kemerdekaan bangsa. Hivianor yang merupakan anak dari Almarhum Andin Asnawi Noor Alias Asnawi Taher sangat bersyukur menjadi anak salah satu pejuang tabalong.

Almarhum Andin Asnawi Noor Alias Asnawi A.Taher ayah dari Hivianor merupakan salah satu tokoh Pejuang Tabalong yang dilahirkan pada 17 Mei 1924 di Desa Pamarangan Kanan  dan wafat pada 3 Juni 1997. Almarhum dimakamkan di desa Lukbayur Kecamatan Tanta, yang sampai saat ini menjadi lokasi kediaman Hivianor selaku anaknya.

Saat ini sejumlah sertifikat penghargaan, identitas Kartu Anggota Pejuang, dokumentasi dan berbagai barang peninggalan sang ayah masih disimpan rapi oleh Hivianor. Baginya barang-barang tersebut merupakan harta peninggalan yang berharga, serta sebagai rasa Cinta Baktinyanya kepada sang ayah.

“Dimana saat ini kita sama sama merasakan nikmatnya kemerdekaan yang ke 76 merupakan kilas balik bagaimana kita artinya mengingat sejarah perjuangan para orang tua terdahulu para pejuang 76 tahun yang lalu dan saat ini kita memaknainya dengan mensyukuri kemerdekaan yang kita rasakan sekarang ini.” Kata Ketua Pemuda Panca Marga Tabalong, Hivianor.

Hivi menambahkan, saat ini anggota PPM yang aktif mencapai 132 anggota. Meski secara keseluruhan anak cucu dari para pejuang mencapai 750 lebih yang tersebar di 12 Kecamatan se Kabupaten Tabalong. Di Tabalong sendiri saat ini tercatat hanya tersisa 2 orang veteran yang masih hidup, Pertama Apan Hamdi yang beralamat di Sei Rukam 1 RT.2 dan Arnain Djuri yang beralamat di Tantaringin RT.4 yang kini berdomisili di Kurau, Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. (Gazali Rahman).

Next Post

Dispersip Tabalong Minta Warga Rekam Kearsipan Pejuang

Rab Agu 18 , 2021
TABALONG – Lembaga Kearsipan Daerah, LKD Tabalong terus berupaya mengumpulkan arsip perjuangan dan sejarah di Kabupaten Tabalong dalam berbagai jenis, baik foto, barang, dokumen dan berbagai rekam jejak lainnya. Arsip perjuangan yang ada di LKD saat ini masih tergolong sedikit, karena hanya ada sekitar puluhan dokumentasi. Pasalnya dokumen asli masih […]