Hindari Penyebaran Covid-19 Melalui Limbah APD medis & masyarakat, DLH Tabalong Sebar Bak Sampah Khusus

Tabalong – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong membagikan tempat sampah medis, atau wadah untuk membuang limbah infeksius rumah tangga, yg sudah dibagi ke kantor kecamatan serta di posko cegah covid 19 yang ada di Tabalong. DLH membagikan 3 tempat sampah medis ke beberapa wilayah utara di kabupaten tabalong, seperti di kantor kecamatan Muara Uya, di kantor kecamatan Jaro, serta di posko cegah covid 19 di Jaro, pada 17 April 2020.

Tempat sampah medis diperuntukan para pegawai kecamatan, atau petugas posko maupun warga sekitar, untuk membuang limbah infeksius rumah tangga. Seperti masker bekas, tissu bekas, sarung tangan bekas, serta bahan atau material yang diduga terpapar covid 19.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabalong, Rowi Rawatianice mengatakan, secara terjadwal dalam seminggu sekali, petugas khusus akan mengambil limbah infeksius rumah tangga tersebut, karena pengambilan limbah infeksius tidak boleh dilakukan sembarang orang. Selain itu, DLH juga siap menyediakan tempat sampah khusus untuk limbah infeksius yang dihasilkan oleh masyarakat berstatus ODP.

Kalau di puskesmas dan rumah sakit itu ada wadahnya, tapi ketika di kecamatan atau di posko kaya gini kami berharap sampah itu tidak ditangani dengan cara yang salah, nah sampah yang masuk di sini katakanlah masker sekali pakai itu dilepas kemudian digunting masukan dalam plastik kecil dan masukan dalam tempat sampah. nanti petugas kami terjadwal akan mengambil, kalau memang ada masyarakat yang ODP maka kami akan bantu khusus tempat ini dan itu juga akan kami ambil sampahnya. limbah ini nanti akan kami kumpulkan di satu tempat yang aman apakah nanti kita ikut rumah sakit untuk insenaratornya atau mungkin nanti akan kita kerjasamakan dengan pihak ketiga karena memang ada pihak ketiga yang melakukan iniJelas Rowi.

Dalam kegiatan ini, DLH bekerjasama dengan 8 perusahaan swasta di Tabalong untuk menyediakan beberapa bantuan, seperti disenfektan, handscoon, serta masker.

“untuk sementara ini yang kita salurkan kepemerintahan itu berupa masker sama handscoon, mungkin nanti beberapa waktu lagi apabila kita sudah menerima suplai dari cabang Conch yang lain itu berupa handsinitizer sama disenfektan yang akan kita bagikan juga ke dinas-dinas di kabupaten Tabalong yang membutuhkan” kata Nur Aina, perwakilan dari perusahaan.

“Partisipasi perusahaan buat pencegahan covid 19di kabupaten Tabalong yang bekersama dengan DLH Kabupaten Tabalong, semoga ini bermanfaat.” tambah Vonty, yang juga merupakan perwakilan perusahaan.

Dengan adanya kerjasama antar pemerintah daerah dengan perusahaan swasta di Tabalong, diharapkan dapat bersama sama untuk mencegah dan memutus mata rantai covid19. (Sherly)

Next Post

1 Bak Khusus Ditempatkan Di Jaro, Warga Akan Diedukasi Untuk Pengelolaan Sampah Infeksius

Kam Apr 23 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong menyalurkan bantuan berupa tempat sampah medis untuk limbah rumah tangga infeksius. Bantuan diserahkan salah satunya bagi kantor camat Jaro, serta posko pencegahan covid-19 yang ada di Jaro. Bvantuan ini mendapat […]
error: