Hasil Swab Test Lamban Keluar, Begini Penjelasan Jubir Gugus Tugas P2 Covid-19 Tabalong

Tabalong – Tim Gugus Tugas Percepatan Penangaan Covid-19 Tabalong, telah mengirimkan 10 sampel swab tes ke balai besar teknik kesehatan lingkungan dan pengendalian penyakit banjarbaru. Sayangnya hingga kini, kesepuluh hasil sampel swab tes tersebut belum dirilis oleh pihak provinsi kalsel.

Proses pengiriman, hingga rilis hasil pemeriksaan sampel swab tes diperkirakan akan memakan waktu hingga lebih dari seminggu. Pasalnya saat ini tengah terjadi lonjakan sampel yang harus diperiksa BBTKLPP Banjarbaru. Lantaran BBTKLPP Banjarbaru, merupakan satu satunya laboratorium resmi yang ditunjuk pemerintah pusat untuk memeriksa sampel swab tes dari seluruh Kalimantan Selatan.

Juru Bicara Tim Gtpp Covid Nineteen Tabalong, dokter Taufiqurrahman Hamdie mengatakan, lamanya hasil swab pasien, di karenakan alat PCR yang dimiliki provinsi hanya mampu memproses 130 sampel swab perhari. Sementara antrian pada BBTKLPP banjarbaru saat ini lebih dari 1000 sampel swab.

Jadi kemampuan swabnya kurang lebih 130 sampel sehari, sementara antriannya lebih dari 1000, jadi artinya kan kemampuannya kalau ribuan itukan berarti bisa di lakukan kurang lebih satu minggu bisa diselesaikannya kan.” Kata dr. Taufiq

Terkait hal ini,pemerintah provinsi juga masih berupaya memecahkan keterlambatan hasil swab, agar tidak terjadi over kapasitas antrian sampel, yang mana kendala tersebut juga menjadi beban bagi gugus tugas setiap daerah di Kalimantan Selatan. Sementara saat ini 2 PDP ringan yang diisloasi di Rumah Sakit Tanjung, serta satu pasien positif yang dirawat di rsud hasan baseri dalam kondisi stabil. (Rangga)

Next Post

PT TPI Serahkan APD Untuk Lindungi Tenaga Medis Tangani Pasien Covid-19

Kam Jun 4 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Untuk membantu menanggulangi penyebaran virus corona di Kabupaten Tabalong, PT Tanjung Power Indonesia menyerahkan bantuan berupa alat pelindung diri kepada Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Tabalong. Penyerahan dilakukan pada 3 Juni 2020, di […]
error: