Hasil Kerjasama dengan Diskominfotik, Dinas Pertanian Rancang Aplikasi SITEPAT

TANJUNG – Berbagai upaya dilakukan pemerintah Kabupaten Tabalong untuk meningkatkan kesejahteraan para petani, salah satunya yang saat ini tengah dikerjakan adalah Sistem Informasi Peta Komoditas, atau SITEPAT. Selasa (02/02).

Aplikasi hasil kerjasama antara Dinas Pertanian dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Tabalong ini untuk memudahkan masyarakat dalam mencari informasi terkait komoditas pertanian yang ada di Tabalong.

Melalui aplikasi ini, masyarakat umum dan para petani dapat mengetahui jenis dan jumlah komoditas yang dibudidayakan para petani di Tabalong.

Sehingga para petani dapat mengatur jenis dan waktu penanaman komoditas pertaniannya agar tidak terjadi panen serentak, yang seringkali membuat harga hasil pertanian anjlok.

Selain informasi produksi pertanian, rencananya aplikasi Sitepat juga memuat harga komoditas, luas wilayah pertanian, hingga kontak petani yang memiliki komoditas tersebut.

“Tadi berdasarkan rapat tadi, isi dari aplikasi tersebut adalah tentang informasi harga-harga komoditas, luas wilayah, maupun kontak dari petani yang memiliki komoditas tersebut agar bisa diketahui informasinya oleh pembeli yang ada ditabalong maupun di luar tabalong” Terang Kasi Layanan E-Government Diskominfo Tabalong, Muhammad Zainaini.

Aplikasi ini akan segera diluncurkan setelah Dinas Pertanian menyelesaikan proses bisnis, untuk mengetahui input dan output yang akan dimasukkan didalam aplikasi tersebut. (M. Ariadi).

Next Post

Inilah Rancangan Aplikasi SITEPAT (Sistem Informasi Peta Komoditas)..

Rab Feb 3 , 2021
TANJUNG  – Bagian Ekonomi dan Pembangunan Setda Tabalong, menggelar rapat koordinasi dalam rangka ekspose pendahuluan rancangan “Sistem Informasi Peta Komoditas”. Selasa (02/02). Rapat digelar bersama pihak terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, BPPRD, dan Dinas Pertanian. Rapat ini mengekspose sistem peta komoditas, berupa informasi peta […]