Harga Bawang Merah Naik, Tembus 40 Ribu/Kg

TABALONG – Harga bawang merah di pasar Tanjung pada 30 Juli 2021 terpantau naik drastis. Saat ini harga bawang merah di tingkat pengecer dijual seharga 40 ribu rupiah per kilogram.

Diakui para pedagang kenaikan ini terjadi dari 28 Juli lalu. Dari yang awalnya 33 hingga 35 ribu per kilogram, kemudian naik menjadi 40 ribu per kilogram.

naiknya 40 ribu naiknya mulai hari Rabu tadi sebelumnya ada harga 33,30,28 tadinya nah Inya naik paksaai naik serentak, jadi larang kada tahu jua dari agennya sana.” Kata Hj Siti, Pedagang Bawang Merah.

“40 pang Acil meecer sekilonya semalamnya tu harga 35 bisa 33 yang mingu Minggu ini naiknya banar menukarnya nak kada tau jua lah mungkin dari sananya kalo gagal panen kah kada tau jua kita yang ngambil dari partaian sudah naik.” Kata Hj Karmila,Penjual Bawang Merah.

Kepala bidang fasilitas dan distribusi perdagangan Disperindag Tabalong, Noviana Eredha menjelaskan, kenaikan harga diperkirakan akibat berkurangnya stok bawang merah di tingkat petani. Pasalnya saat ini pasokan bawang merah di Tabalong hanya berasal dari bima.

“harga bawang merah memang untuk hari ini cukup signifikan naik dari hari hari sebelumnya sekitar 40 ribu per kilogram sedangkan bawang putih tidak terlalu jauh berbeda dengan harga sebelumnya berdasarkan hasil pantauan kami kenaikan harga bawang merah ini disebabkan untuk pengiriman hanya ada dari Bima sedangkan biasanya untuk pengiriman ada yang dari Sulawesi juga nah kemungkinan untuk saat ini stok bawang itu sedikit menipis dari yang sebelumnya.” Kata Kepala Bidang Fasilitas Dan Distribusi Perdagangan,Noviana Eredha.

Kenaikan harga terjadi hanya pada bawang merah, sedangkan harga bawang putih saat ini masih stabil. Noviana berjanji pihaknya akan segera mengkoordinasikan kebijakan yang akan diambil terkait dengan pendistribusi yang saat ini dialami. (Al Munawarah).

Next Post

Bahas KUA PPAS 2022, DPRD Tabalong Minta Jalan di Desa Terisolir Kembali Ditingkatkan

Rab Agu 4 , 2021
TABALONG – Badan anggaran DPRD Tabalong menggelar rapat pembahasan kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara, atau KUA-PPAS untuk tahun 2022, pada 29 Juli di Aula Sekretariat DPRD Tabalong. Pada rapat ini, anggota Banggar menyampaikan beberapa masukan pada TAPD Tabalong, agar dapat dimasukkan program untuk tahun 2022. Salah satunya […]