Hadapi Tahun Ajaran Baru, Komunitas Guru Siapkan Metode Belajar Berbasis Digital

Tabalong – Komunitas Guru Inovatif Tabalong, merupakan gabungan para guru yang tergerak hatinya dalam menciptakan tatanan baru pendidikan berbasis digital. Hal ini dilatar belakangi kondisi pandemi saat ini, yang memaksa  proses pembelajaran dilakukan melalui daring.

Pada 29 Juli 2020 mendatang, Komunitas Guru Inovatif ini akan melakukan bimbingan teknis kepada para guru yang ingin bergabung dalam menciptakan pembelajaran berbasis digital. Dengan bekerjasama melalui persatuan guru republik indonesia, dinas pendidikan tabalong, dan microsoft, komunitas guru inovatif tabalong mampu menciptakan pembelajaran nyata melalui microsoft 365.

Dalam situasi pandemi saat ini, ada beberapa keunggulan yang sangat membantu dari pembelajaran memalui microsoft 365. Diantaranya menghadirkan suasana kelas yang nyata, real time, sepertihalnya berbicara langsung, melalui kelas digital teams. Fitur buku digital yang dapat mempermudah penugasan dan penilaian dengan cepat dan efesien. Dan banyak lagi fitur tambahan lainnya yang dapat digunakan dalam pembelajaran jarak jauh.

Trainer microsoft 365, Muhammad Faisal Hermawan menjelaskan, dalam penggunaan microsoft 365 ini, para guru akan bisa mengajar seperti biasa, bertatap muka langsung, meski hanya melalui layar interaktif. Microsoft ini juga merupakan gabungan dari berbagai aplikasi yang sangat cocok untuk pembelajaran jarak jauh yang menarik.

“Pembelajaran secara digital ini bisa dilakukan secara interaktif, langsung dari murid dan juga gurunya, juga didalam microsoft office 365 kita dapat membuat media pembelajaran yang sangat menarik. Karna mungkin murid murid sudah merasa bosan apabila setiap hari-harinya hanya diberikan berupa materi dan disuruh membaca sendiriataupun soal soal yang perlu dijawabnya saja.” Kata Faisal Hermawan.

Trainer microsoft 365, ristinawati mengharapkan adanya tindak lanjut dari guru yang bergabung dalam bimbingan teknis microsoft 365 ini nantinya. Agar dapat mengajarkan kepada guru yang lainnya sehingga pembelajaran berbasis digital dapat merata di Tabalong.

“Kami disini para trainer sebagai perantara untuk menularkan ilmu tentang microsoft 365 ini mengharapkan adanya tindak lanjutlah dari kegiatan yang sdh kita laksanakan.” Kata Ristinawati.

Metode pembelajaran berbasis digital ini, banyak menguntungkan dalam pembelajaran jarak jauh. Sayangnya masih ada saja kendala seperti tidak meratanya jaringan internet di kabupaten Tabalong. (Gazali)

Next Post

Unit Isolasi Tercukupi, 17 Pasien Isolasi Mandiri Dievakuasi Ke Ruangan Tersebut

Sel Jul 14 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Tim medis penanganan corona, menyambut 17 orang pasien positif yang masuk ke unit isolasi rumah sakit khusus penanganan covid tanjung, pada rabu malam 8 Juli 2020. Mereka merupakan bagian dari 33 pasien yang dinyatakan positif […]
error: