HADAPI ERA 4.0 DENGAN CERMAT BERSAMA LITERASI YANG TEPAT

Tabalong – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo) kembali melaksanakan kegiatan Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 bagi Kabupaten Tabalong secara virtual pada Senin (09/8) Pukul 10.00 Wita. Webinar ini mengulas mengenai bagaimana menghadapi Era 4.0 Dengan Cermat Bersama Literasi Yang Tepat.

Ada 4 narasumber yang memberikan materi dalam webinar kali ini salahsatu nya ada seorang musisi yakni Restu Triandy atau yang lebih dikenal dengan Andy Rif yang membahas mengenai kecakapan digital yang positif, kreatif dan aman dalam menggunakan internet. Dalam webinar ini Andy rif sharing mengenai dirinya yang memanfaatkan teknologi digital untuk tetap berkarya meskipun di tengah pandemi Covid-19.

“Selama 2 tahun ini saya berkarya dari rumah saja dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan mempublikasikan karya saya melalui platform digital. Hendak nya para kaum muda juga bisa memanfaatkan media sosial dengan positif seperti membuat konten yang bermanfaat sehingga tidak menutup kemungkinan konten tersebut bisa menghasilkan bagi diri sendiri” kata Andy Rif

Adapula Dr. Jauhar Arifin, Drs. MM selaku Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Tabalong yang membahas mengenai Peran Komunitas Akademik Dalam Pendidikan di Era Digital Pada Program Literasi Digital.

Selain itu adapula Chika Audhika selaku Co-Founder dan CMO of Bicara Project yang mengupas mengenai Dunia Maya dan Rekam Jejak Digital agar Rekam Jejak digital kedepan nya dapat baik bagi diri kita meskipun sudah bertahun-tahun terjadi.

“Ada 3M yang harus kita lakukan agar rekam jejak digital ini baik dan tidak merugikan kedepan nya. Yakni Mengunggah Konten dan Komentar Positif, Memutus Tali Hoax, dan Menjaga Penyebaran Data Diri” kata Chika

Untuk narasumber terakhir ada Muhammad Taupik S.Pd.I., M.Pd selaku dosen STIA Tabalong yang membahas mengenai etika dalam dunia digital, pasalnya dalam bermedia sosial harus ada etika yang digunakan agar tidak merugikan orang lain.

“Ada beberapa hal yang bisa kita gunakan dalam menggunakan media sosial agar tidak merugikan orang lain maupun diri sendiri, yakni dalam bermedia sosial diharapkan postingan bebas bullying, waspadai kejahatan cyber, lebih hati-hati dalam membaca atau menshare berita, mengenali akun yang akan Anda dijadikan sebagai teman, menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, hargai kekayaan intelektual, jauhi tindakan asusila, menggunakan media sosial secara wajar, serta jangan terbujuk ajakan radikalisme dan terorisme” Jelas nya.

Setelah sesi materi oleh 4 narasumber tersebut, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab kepada para narasumber. Ada total hadiah pulsa Rp. 1.000.000 untuk 10 partisipan terpilih dan bagi peserta yang mengikuti webinar hingga selesai akan mendapatkan e-sertifikat.

Next Post

PPKM Level 3, Petugas Sasar Warung Remang-Remang

Sel Agu 10 , 2021
TABALONG – Petugas gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, dan satuan Polisi Pamong Praja, kembali melaksanakan giat operasi yustisi pada sabtu malam, 7 Agustus 2021. Operasi ini menyasar cafe cafe, angkringan, serta warung makan yang masih buka di atas pukul 9 malam. Operasi yustisi ini juga dibarengi dengan operasi pekat, […]