Gunakan Tanda Tangan Elektronik, Dokumen Kependudukan Yang Baru Tidak Perlu Legalisir

Tabalong – Berdasarkan Permendagri Nomor 104 Tahun 2019, tentang pendokumentasian administrasi kependudukan, maka legalisir dokumen kependudukan hanya diberlakukan untuk dokumen kependudukan yang masih bertandatangan basah, dan menggunakan stempel Disdukcapil. Sedangkan untuk dokumen kependudukan dengan format digital, atau sudah ditandatangani secara elektronik, tidak memerlukan pelayanan legalisir.

Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Tabalong, Suryanadie menjelaskan, bahwa hal ini sudah diinformasikan kepada seluruh instansi yang ada di Tabalong, baik swasta maupun pemerintah. Sehingga dokumen tetap diterima oleh setiap instansi.

“Sudah kita sosialisasikan, sudah kita informasikan kepada seluruh instansi yang ada di tabalong, baik instansi swasta maupun pemerintah. Jadi mungkin tidak perlu khawatir, apabila berurusan dokumennya tidak dilegalisir inshaallah diterima oleh instansi.” Kata Suryanadie

Suryanadie mengatakan, sesuai dengan ketentuan, bagi warga yang sudah mempunyai dokumen bertandatangan basah, tidak perlu diganti dengan dokumen bertandatangan elektronik. Penggantian jenis dokumen kependudukan akan dilakukan, apabila ada perubahan data kependudukan di dalam dokumen tersebut.

Next Post

Coklit Serentak Dimulai, Jangan Takut Terima PPDP Di Rumah..

Sen Jul 27 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Komisi Pemilihan Umum Tabalong menggelar apel kesiapan petugas pemuktahiran data pemilih coklit pada pilkada kalsel 2020. Apel digelar pada 18 Juli 2020 di halaman kantor KPU Tabalong, yang turut dihadiri bawaslu dan perwakilan Pemkab Tabalong. […]
error: