Gugus Tugas P2 Covid-19 Tabalong Tepis Isu Adanya Pelayanan Rapid Tes Mandiri

Tabalong – Kembali beredar informasi bohong atau hoax ditengah masyarakat terkait pandemi covid-19. Hoax yang baru-baru ini beredar adalah tentang pemeriksaaan rapid tes bertarif untuk kepentingan pribadi, yang dilakukan tim gugus tugas percepatan penangan covid-19 tabalong, di rumah sakit khusus penanganan covid-19.

Hoax ini telah beredar di beberapa grup pesan whatsapp masyarakat tabalong. Namun juru bicara Tim GTPP Covid-19 Tabalong, dokter Taufiqurrahman Hamdie menegaskan, pihaknya tidak melayani pembuatan surat bebas covid-19 untuk alasan atau tujuan pribadi.

Terlebih pemeriksaan rapid tes oleh pemerintah kabupaten tabalong, dilakukan gratis bagi masyarakat. Namun pemeriksaan rapid hanya ditujukan bagi masyarkat atau warga yang dicurigai atau diindikasikan kuat terpapar virus corona.

“Terkait dengan itu, itu tidak benar. Yang benar ialah kami tidak melayani yang sifatnya mandiri, kami hanya dalam rangka penelusuran kasus, jadi kalau mau mandiri silakan di klinik swasta. Karna apa, alat rapid dan sebagainya ini kan dari pemerintah, gak boleh dong diperjualbelikan. Bila masyarakat ada gejala tidak bermaksud membuat surat itu dia lapor ke kita, bisa datang keunit isolasi, banyak kok yang kayak gitu, pa kami minta periksa karna ini itu kami screening juga gak langsung percaya, karna ada dokter disitu oh ini pa ada gejala apa dsb, ya itu kita rapid nah misalnya reaktif, kita isolasi.” Ucap dr. Taufiq

Dokter Taufiq juga menghimbau kepada rumah sakit ataupun klinik swasta di wilayah Tabalong, yang memberikan layanan rapid tes mandiri agar segera melaporkan ke tim gugus tugas, jika menemukan hasil rapid tes reaktif. Pasalnya warga yang terdeteksi reaktif rapid tes akan dilakukan swab tes secara resmi oleh timgugus tugas  dengan gratis, untuk memperceptan penanganan virus corona di Tabalong. (Rangga)

Next Post

2 Pasien Positif Corona Yang Dirawat Di Tabalong, Langsung Jalani Uji Swab Kesembuhan

Sen Jun 8 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tabalong mengumumkan 2 tambahan pasien positif covid-19. Penambahan pasien positif ini berdasarkan pemeriksaan hasil swab, yang diriliris tim GTPP Covid-19 Provinsi Kalsel pada 3 Juni 2020. Sebelumnya kedua pasien […]
error: