Eksistensi Perpusdes di Tabalong

TVTABALONG – Upaya pemerintah Tabalong, untuk mengembangkan Perpustakaan Desa terus dilakukan. Melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tabalong, setidaknya ada 92 perpustakaan desa yang dibina, dari 121 desa yang ada. Pemerintah desa pun diarahkan untuk mengalokasikan dana desa guna mengembangkan Perpusdes. Selain itu perpusdes binaan juga mendapat bantuan berupa koleksi buku bacaan.

Upaya-upaya tersebut ternyata berhasil membuat keberadaan perpustakaan desa, berdampak positif bagi masyarakat. Salah satunya, untuk mengajak masyarakat desa agar memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat belajar dan berkegiatan.

Pembinaan perpustakaan desa di Tabalong, dapat dikatakan berhasil. Pasalnya, dalam 5 tahun terakhir, perpustakaan desa di Tabalong selalu mendapatkan prestasi di tingkat provinsi. Bahkan seringkali mewakili provinsi Kalimantan Selatan ke tingkat nasional.

Seperti yang dijelaskan Pelaksana Tugas Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan, Fajar Kusumanto. Tahun 2015, 2016, dan 2017, perpustakaan desa di Tabalong lolos sebagai juarai 1 Perpusdes tingkat provinsi, dan mewakili Kalsel ke nasional. Tahun 2018 sebagai juara 2 provinsi, dan tahun 2019 kembali keluar sebagai juara 1 di tingkat provinsi.

“dan Alhamdulillah hasil dari desa replikasi ini sangat berdampak dengan prestasi, dimana tahun ini salah satu desa replikasi yaitu perpustakaan kampong pintar desa masukau mendapat juara satu tingkat provinsi” jelas Fajar

Perpustakaan merupakan salah satu bentuk pendidikan non formal, oleh karena itu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tabalong berharap masyarakat sering membaca dan minat baca di Tabalong meningkat melalui perpustakaan desa.

Rulyandi

Next Post

3 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Isi Posisi Baru

Kam Sep 12 , 2019
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email TVTABALONG – Sebanyak tiga pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkup Pemkab Tabalong, dirotasi oleh Bupati Tabalong, serta diambil sumpah untuk mengisi jabatan baru, pada Selasa (10/92019). Ketiga pejabat pimpinan tinggi pratama yang di rotasi adalah Hamidah Munawarah […]
error: