Durian Kaki Ganda, Banyak Manfaat & Kelebihannya…

TVTABALONG – Teknik durian kaki ganda sudah menjadi trend pertanian di kalangan masyarakat. Awalnya teknik ini dilakukan untuk menanggulangi serangan penyakit phytophthora, namun, ternyata durian dengan teknik kaki ganda memiliki banyak kelebihan.

Beberapa kelebihan durian berkaki ganda, seperti mengurangi risiko penyakit akar dan batang, memperkuat akar, suplai nutrisi tercukupi, mempercepat pertumbuhan, hingga meningkatkan produksi.

Salah seorang petani di Kecamatan Bintang Ara, Aji, turut mendalami teknik budidaya durian kaki ganda dalam beberapa tahun terakhir. Ia mengatakan, kelebihan utama durian kaki ganda ialah memiliki pertumbuhan yang lebih cepat, lantaran mendapat banyak nutrisi dibandingkan durian kaki tunggal.

“Kalo durian biasa itu mungkin pertumbuhannya lebih lambat, kalau yang kaki tiga ini mungkin lebih cepat pertumbuhannya. Masalahnya kan yang kaki tiga ini makannya tiga, kalo yang kaki satu itu cuma satu. Jadi diharapkan yang kaki tiga ini pertumbuhannya lebih cepat dan lebih cepat jua berbuah.” Kata Petani Durian kaki ganda, Aji.

Dalam membudidayakan durian kaki ganda, Aji memilih bibit lokal yang berkualitas. Untuk memaksimalkan bibit yang dihasilkan, ia menggabungkan metode durian kaki ganda dengan metode okulasi. Karena menurutnya pemilihan entres yang berkualitas juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Aji mengatakan durian kaki ganda kini banyak diminati masyarakat. Satu pohon durian kaki ganda ia jual di harga kisaran 150 hingga 200 ribu rupiah. (Maria Ulfah).

Next Post

Sempat Turun, Realisasi Kredit Gerbang Emas Kembali Meningkat

Sen Apr 19 , 2021
TVTABALONG – Sempat mengalami penurunan selama tahun 2020, kini realisasi program kredit gerbang emas dengan bunga nol persen di tahun 2021 mengalami peningkatan. Bahkan dana kredit permodalan usaha dengan bunga nol persen ini, dalam 3 bulan terakhir telah terealisasi sebesar 250 juta rupiah. Selama tahun 2020 realisasi kredit gerbang emas […]