DPRD Tabalong Upayakan Pendirian Balai Penyuluh Pertanian Jaro

TVTABALONG – Pemerintah Kabupaten Tabalong mengupayakan pembangunan balai penyuluh pertanian untuk Kecamatan Jaro. Pasalnya selama ini, Kecamatan Jaro masih bergantung pada balai penyuluh pertanian kecamatan muara uya.

Rencana pemerintah kabupaten ini didasari dari kesuksesan pertanian di Kecamatan Jaro. Terlebih saat ini Kecamatan Jaro juga berhasil membudidayakan padi jenis baru IF-17 dan IF-16.

Ketua Komisi II DPRD Tabalong, Sumiati mengatakan, pihaknya berkomitmen mendukung rencana Pemkab Tabalong membangun BPP di Kecamatan Jaro. Sumiati bahkan berharap BPP Kecamatan Jaro dapat menjadi pusat alsintan, perkumpulan para penyuluh, pusat edukasi para petani, dan sebagainya.

“Padi yang dihasilkan jauh lebih banyak dari varietas lain dan ini sudah dibuktikan dari beberapa kelompok tani, yang mengembangkan varietas trisakti ini, jadi kami nantinya akan membackup ya bagaimana kedepannya balai benih pertanian ini dapat berfungsi sebagai kantor balai penyuluh pertanian sekaligus sebagai pusat edukasi dan juga penangkaran padi yang ada di Kabupaten Tabalong.” Kata Ketua Komisi II DPRD Tabalong, Sumiati.

Rencana pembangunan bpp di Kecamatan Jaro, disambut antusias Camat Jaro, Suwandi. Ia meyakini rencana pembangunan bpp di Kecamatan Jaro, dapat menjadikan Kecamatan ini sebagai lumbung pangan bagi Kabupaten Tabalong.

“ini bahasanya kabupaten tabalong benar-benar siap untuk menjadi lumbung pangan di jaro ini karena di sana ada varietas baru IF-17 kalau ini dari trisakti sendiri, juga tadi sudah dikondisikan bibit padi unggulan ini mudah-mudahan menjadi unggulan primadona Kabupaten Tabalong dan Kecamatan Jaro sebagai penghasilnya juga yang mana tanah Jaro bumi Jaro juga cocok dijadikan penangkaran untuk varietas itu.” Tutur Camat Jaro, Suwandi.

Rencana pembangunan BPP Jaro juga menurut Suwandi dapat menyempurnakan Kecamatan Jaro sebagai Gerbang Emas penyangga Ibukota Negara baru. (Rangga).

Next Post

Sekda Tabalong: Kearsipan Penting Untuk Capai Good Governance

Sen Apr 12 , 2021
TVTABALONG – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tabalong, melalui bidang arsip, memberikan bimbingan teknis terkait tertib arsip kepada Aparatur Desa dan Kelurahan pada 7 April 2021. Bimtek ini untuk membekali aparatur yang ditugaskan khusus untuk pengarsipan, baik dalam hal perencanaan, penganalisaan, pengembangan, perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, pembuatan laporan, maupun akuntabilitas suatu […]