DPRD Tabalong Terima Kunker DPRD Banjarbaru, Peran DPRD Kembangkan Sektor Pertanian Jadi Bahasan

TVTABALONG – Komisi II DPRD Kabupaten Tabalong, menyambut kunjungan komisi III DPRD Banjarbaru pada  4 Juni 2021, di gedung fraksi DRPD Kabupaten Tabalong. Kunjungan kerja ini dilakukan untuk berkonsultasi terkait peran komisi II DPRD kabupaten tabalong dalam pengembangan sektor pertanian khususnya dalam pelaksanaan intensifikasi pertaniannya.

Dalam kesempatan ini, ketua komisi II DPRD Tabalong, Sumiati, menjelaskan intensifikasi pertanian yang dilakukan Tabalong bertujuan untuk menambah jumlah produksi dengan ukuran lahan yang sama. Sehingga fokus mencari cara agar petani dapat melakukan lebih dari satu kali tanam di lahan yang sama dalam satu tahun.

“nah karenamana intensifikasi ini bagaimana meningkatkan ya produksi e dengan menambah jumlah ee tidak harus menambah jumlah lahan tapi bagaimana target itu bisa tercapai misalnya terkait masalah padi kita berupaya paling sedikit panen dalam satu tahun 2 x kalau memungkinkan 3 kali dalam setahun begitu juga kita jelaskan bahwa saat ini intensifikasi ini juga menggunakan pola tanam supradin dimana peremajaan karet ini dilakukan di sela-sela tanaman karet ini bisa kita tanam sayuran ataupun padi juga.” Kata Sumiati, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tabalong.

Selain intensifikasi dalam memaksimalkan lahan untuk beberapa kali tanam, Dinas Pertanian Tabalong bersama Komisi II juga mendorong ekstensifikasi pertanian dengan meminta masyarakat memanfaatkan pekarangan untuk ditanami sayuran, tanaman obat dan tempat budidaya ikan. Hal ini pun disambut positif Komisi III DPRD Banjarbaru.

saya kira banyak sekali yah hal hal yang kita peroleh dari kabupaten tabalong ini karena tadi disampaikan juga ya bahwa kabupaten tabalong ternyata juga mendapatkan title di tingkat provinsi juara satu ya untuk di bidang pertanian yang dikembangkan di pekarangan yaitu di kambitin raya, ini satu hak yang kita juga perlu kembangkan karena di banjarbaru kita tidak bisa lagi membuka lahan yang luas karena sudah habis, maka larinya ke pekarangan pekarangan rumah” Kata H. Baskoro – Ketua Komisi III DPRD Banjarbaru.

Baskoro mengapresiasi sambutan dari pihak Tabalong, karena kedatangan mereka tidak hanya disambut Komisi II DPRD Tabalong, namun juga lengkap dengan dihadiri SKPD terkait seperti dinas pertanian. (M. Arie Arieyadi).

Next Post

Semangat Guru Untuk PTM Kalahkan Rasa Takut Jarum Suntik Vaksinasi

Sen Jun 14 , 2021
TVTABALONG – Pada tahun ajaran baru, tepatnya sekitar bulan Juni mendatang, sekolah diinstruksikan untuk menggelar pembelajaran tatap muka. Oleh karena itu tenaga pendidik atau guru diwajibkan mengikuti vaksinasi, untuk menekan penyebaran covid-19 di sektor pendidikan. Tepat pada 8 juni 2021, vaksinasi yang dilakukan di Rsud Usman Dundrung Tanjung, diikuti para […]