DPRD Tabalong Sahkan Perda Pilkades Serentak Secara Bergelombang

TVTABALONG – DPRD Kabupaten Tabalong menggelar rapat paripurna ke-8 dan ke-9, masa sidang II tahun 2021, dalam rangka penyampaian pendapat akhir fraksi, terhadap perda perubahan atas peraturan daerah kabupaten tabalong, nomor 08 tahun 2016, tentang pemilihan kepala desa serentak secara bergelombang. Rapat yang digelar 11 Mei 2021 ini turut dihadiri, unsur pimpinan daerah, seluruh kepala SKPD dan camat se Tabalong.

Dalam rapat paripurna ini, hasil kesimpulan perubahan perda disampaikan komisi satu dprd tabalong, selaku mitra dinas pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa. Perubahan berisi tentang pandemi covid-19yang menyebabkan pemilihan kepala desa serentak harus menerapkan protokol kesehatan, sehingga membutuhkan anggaran tambahan untuk melaksanakan protokol kesehatan. Anggaran tersebut belum terakomodir dalam apbd induk tahun anggaran 2021, sehingga akan dianggarkan dalam apbd perubahan dan otomatis merubah waktu pelaksanaan dari pilkades itu sendiri.

Bupati Tabalong, anang syakhfiani menuturkan, dengan adanya penyesuaian pembagian jumlah desa yang mengikuti pilkades pada tahap pertama dan kedua, diharapkan dapat berjalan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku, seperti halnya pelaksanaan dan penganggaran.

Dengan telah dirubahnya peraturan daerah ini maka kita di Kabupaten Tabalong, selangkah lebih maju untuk melaksanakan pemilihan kepala desa serentak secara bergelombang, dan kita berharap sesuai dengan jadwal waktu yang telah disepakati.

Ketua DPRD Tabalong, mustafa menambahkan, pihaknya bersama pemerintah daerah telah melakukan berbagai upaya, agar dapat meminimalisir pengeluaran dan efesiensi kegiatan, dengan dilaksanakannya pemilihan kepala desa secara serentak.

Hasil keputusan paripurna diterima dan disepakati tujuh fraksi yang ada di dprd tabalong melalui perwakilannya. Yakni dari fraksi Gerindra, Golkar, PAN, PKS, Demokrat, PDIP, dan Nasdem. (Gazali Rahman).

Next Post

RPJMD Tabalong Berubah, 3 Faktor Ini Alasannya...

Kam Mei 27 , 2021
TVTABALONG – Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani didampingi Wakil Bupati Tabalong, Mawardi, menyampaikan penjelasan, terhadap rancangan awal perubahan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) kabupaten tabalong 2019-2024. Hal ini disampaikan dalam rapat paripurna ke-8 dan ke-9, masa sidang II tahun 2021, yang digelar 11 Mei 2021. Terdapat tiga faktor yang membuat […]