DPRD Penajam Paser Utara Pelajari Pengawasan Dana Refocusing Tabalong

TVTABALONG – Komisi III DPRD Penajam Paser Utara melaksanakan kunjungan kerja ke DPRD Tabalong pada 3 Juni 2021. Kunjungan ini membahas terkait pengawasan dalam hal penggunaan dana refocusing yang ada di Tabalong.

Ketua Komisi III DPRD PPU, Rusbani menjelaskan, dari kunjungan kali ini pihaknya menyoroti pengawasan pengunaan dana refocussing di Tabalong yang dilakukan secara insidentil. Kemudian kemudahan pengawasan penggunaan dana refocussing, yang dapat dilakukan melalui sistem informasi Pemerintah Daerah, SIPD.

Lebih jauh Rusbani memaparkan perbendaan penggunaan dan pengawasan dana refocussing di kedua kabupaten. Ia mengakui sistem pengawasan di tabalong telah maksimal melalui sipd. Pasalnya di PPU menurutnya pengawasan hanya dilakukan dengan pemanggilan OPD yang bertanggungjawab.

“Kalau disini mungkin sistem penggunaan sipd nya sudah lebih maksimal, berkaitan dengan pengawasan dana refocussing ini, kami disana pengawasannya masih berdasarkan pemanggilan pemanggilan terhadap OPD yang diberikan tanggung jawab dari pemangkasan dari dana refocussing tersebut” Kata Rusbani, Ketua Komisi III DPRD PPU.

Ketua Komisi II DPRD Tabalong, Sumiati, menjelaskan, pengawasan dana refocussing melalui SIPD, dapat dilihat dengan detail, terkait penggunaan dan kemajuan realisasi. Ia mengakui dengan teknologi ini, memudahkan pihaknya dalam melakukan pengawasan.

SOT, “Kami sebagai anggota DPRD menyampaikan bahwa pengawasan dewan terhadap dana refocussing itu adalah pengawasan yang insdentil, karena refocussng 8 % ini hanya dilakukan terhadap 10 SKPD, berarti 10 skpd ini yang harus dilakukan pengawasan secara insedentil jika memerlukan keterangan, terkait penggunaan dana refocusingnya juga, tapi sekarang kita sudah dipermudah dengan adanya sistem sipd, maka dewan dapat melihat pada sistem itu, anggaran mana saja yang dilakukan refocussing oleh skpd yAng sudah dilakukannya sebesar 8 persen tadi, dan peruntukannya apa, itu sudah tergambar pada sipd” Kata Sumiati, Ketua Komisi II DPRD Tabalong.

Sejak 28 Mei, refocusing anggaran di pemkab tabalong telah selesai dilakukan. Selain itu seluruh anggota dprd tabalong, telah mendapatkan akun SIPD oleh Pemkab Tabalong, sehingga dapat mengontrol pergerakan arah pembangunan dan dana refocusing. (Muhammad Ariadi).

Next Post

Rakor Evaluasi, Satgas Covid-19 Tabalong Bahas Peningkatan Operasi Yustisi Hingga PTM

Rab Jun 9 , 2021
TVTABALONG – Tim satuan tugas penanganan covid-19 Kabupaten Tabalong, menggelar rapat koordinasi terkait evaluasi pengendalian dan pencegahan covid-19, di halaman Pendopo Bersinar Pembataan, pada 3 Juni 2021. Dalam rakor ini, ketua satgas, Bupati Tabalong mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan, seperti penindakan operasi yustisi penerapan perbup, persiapan pembelajaran tatap muka, serta […]