DPRD Kukar Lirik Sistem E-Voting Pilkades Tabalong

TVTABALONG – Komisi IV DPRD Kabupaten Kutai Karta Negara, melakukan studi komparatif terkait smart city ke Tabalong pada 4 Juni 2021. Rombongan diterima dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Tabalong, di Aula Tanjung Puri Setda Tanjung. Dalam studi komparasi ini, koisi empat kukar menyoroti pemilihan Kepala Desa di Tabalong, pada tahun 2019 yang menggunakan e-voting.

Kepala Diskominfo Tabalong, Perbiadin Hapiz memaparkan, dalam melaksanakan e-voting pihaknya membuat template perangkatnya, sedangkan teknis pelaksanaan dari pemerintah desa. Hapiz mengatakan, e-voting dilakukan secara offline sehingga aman dari gangguan hacker, dan software e-voting tersebut diperkenankan diaudit ulang seandainya terjadi sengketa, baik secara forensik maupun it.

 “Saat itu kami membuatkan templatenya, untuk teknisnya di desa pak. Memang saat itu ada kekhawatiran-kekhwatiran tapi kita semua sudah memikirkan ini offline, jadi tidak mungkin akan diganggu. Yang kedua, itu bisa diaudit ulang dan kita perkenankan seandainya ada sengketa terjadi gimana menyelesaikannya dan softwarenya itu kita perkenankan diaudit, baik oleh forensik, maupun audit IT.” Kata Pebriadin Hapiz, Kepala Diskominfo Tabalong.

Wakil ketua DPRD Kutai Kartanegara, Alif Turiadi mengatakan, pihaknya akan berusaha menerapkan e-voting di kutai kartanegara juga. Pasalnya ia menilai penerapan e-voting lebih transparan, praktis, dan cepat.

 “Ini satu-satunya yang ada di Kalimantan, tentunya kutai kartanegara juga akan menerapkan hal-hal seperti ini karena dilihat lebih transparan, lebih praktis, dan lebih cepat untuk akurasinya. Tentunya kami akan melihat, mengadopsi apa yang sudah ada disini, dan tentunya kalo perlu ada penyempurnaan-penyempurnaan kita akan lakukan itu.” Kata Alif Turiadi, Wakil Ketua DPRD Kutai Kartanegara.

Selain e-voting, turut dibahas hal lain berkaitan Smart City Kabupaten Tabalong, diantaranya program belajar di rumah melalui TV Tabalong, perluasan jaringan internet yang dikerjasamakan dengan pemerintah desa, dan early warning system untuk deteksi dini bencana banjir. (Alfi Syahrin).

Next Post

DPRD Penajam Paser Utara Pelajari Pengawasan Dana Refocusing Tabalong

Rab Jun 9 , 2021
TVTABALONG – Komisi III DPRD Penajam Paser Utara melaksanakan kunjungan kerja ke DPRD Tabalong pada 3 Juni 2021. Kunjungan ini membahas terkait pengawasan dalam hal penggunaan dana refocusing yang ada di Tabalong. Ketua Komisi III DPRD PPU, Rusbani menjelaskan, dari kunjungan kali ini pihaknya menyoroti pengawasan pengunaan dana refocussing di […]