DPRD Batola Pelajari Aspek Pendidikan Tabalong Sebagai Pendorong IPM

TVTABALONG – Komisi II DPRD Kabupaten Barito Kuala, melakukan kunjungan kerja ke Tabalong yang disambut Komisi I DRPD Tabalong bersama Dinas Pendidikan Tabalong, pada 3 juni 2021. Kunjungan kerja ini berdiskusi terkait peningkatan angka rata-rata lama sekolah di Tabalong, yang menjadi salah satu komponen pendorong indeks pembangunan manusia.

IPM Tabalong sendiri saat ini masih bertahan di posisi tertinggi ketiga setelah Kalimantan Selatan, dengan angka 72,19. Sedangkan rata-rata lama sekolah warga Tabalong, sebesar 9,1 tahun atau naik sebesar 0,32 persen dari sebelumnya.

“keberhasilan dari dinas pendidikan nah jadi keberhasilan dari dinas pendidikan itu bisa mencapai di peringkat ke 3 di Tingkat provinsi Kalimantan Selatan itu tidak lepas komitmen dari kepala daerah dan juga kerja keras dari dinas pendidikan dan juga dari dinas lain nah jadi hal tersebut lah yang membuat kita kabupaten Tabalong memperoleh peringkat ke 3 untuk ipm tingkat nasional.” Kata Ketua Komisi I DPRD Tabalong, Ferry Elpeni T

Ketua komisi II DPRD Batola, Nanang Kaderi mengaku, Tabalong menjadi sasaran kunjungan mereka lantaran sama berskala kabupaten, dan berhasil menjadi peringkat ketiga se kalsel. Sedangkan posisi IPM Batola saat ini berada di urutan ke-13 dari 13 Kabupaten Kota se Kalsel.

 “di Tabalong ini sangat luar biasa bagi kita karena dari 2019 sampai 2020 tingkat peringkat ipm nya di tiga besar sedangkan Barito Kuala di peringkat 13 dari 13 kabupaten kota jadi paling buntut mungkin dari hasil studi banding ini bisa menjadi masukan masukkan untuk pemerintah daerah sehingga ipm untuk di Barito Kuala bisa di tingkatkan.” Kata Ketua Komisi II DPRD Batola , Nanang Kaderi.

Dari kunjungan kali ini, kaderi berniat mengadopsi beberapa strategi yang dilakukan tabalong untuk meningkatkan pendidikan. Sehingga dapat mendorong peningkatan indeks pembangunan di Kabupaten Batola. (Al Munawarah).

Next Post

Disdik Tabalong Komitmen Tingkatkan Layanan Pendidikan Untuk Dorong IPM

Kam Jun 10 , 2021
TVTABALONG – Sekretaris Dinas Pendidikan Tabalong, memaparkan sejumlah upaya yang telah dilakukan dalam meningkatkan Pendidikan di Tabalong. Pemaparan disampaikan pada jajaran Komisi II DPRD barito kuala yang mengunjungi Tabalong pada 3 Juni 2021. Sekertaris Dinas Pendidikan Tabalong, Tony Marwan menjelaska rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah menjadi komponen dalam […]