DPRD Apresiasi Kinerja Bappeda Lakukan Efesiensi Anggaran Tahun 2019

Tabalong – Badan Anggaran DPRD Tabalong menggelar rapat bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah pada 9 Juli 2020. Rapat kali ini membahas terkait pertanggungjawaban realisasi APBD Bappeda Tabalong tahun 2019.

Dalam kesempatan ini Bappeda menyampaikan langkah pihaknya dalam melakukan efisiensi anggaran, salah satunya melalui penyusunan RPJMD tahun 2019 tanpa melibatkan konsultan. Atas langkah tersebut, Bappeda mampu menghemat anggaran sebesar 214 juta rupiah, dari Alokasi Anggaran Awal 494 juta rupiah.

Kepala Bappeda Tabalong, Mahdi Noor menjelaskan, pengerjaan RMJMD Tabalong tahun 2019 dikerjakan oleh tim dari Bappeda sendiri, sehingga ada penghematan anggaran. Selain itu, dengan cara ini Staff Bappeda lebih menguasai isi RPJMD.

“Yang jelas yang kami lakukan sudah mengefesiensi pengeluaran dan anggaran daerah bagi tu, tapi capaian kami bagus 94,1 persen serta anggaran keuangannya 85 persen, kami juga meminta DPRD lebih selektif dalam penyusunan anggaran. Karena dinas lain banyak yang membutuhkan.” kata Mahdi Noor

Ketua Badan Anggaran DPRD Tabalong, Mustafa mengapresiasi langkah BAPPEDA, memberdayakan staffnya untuk efisiensi anggaran. Ia berharap sejumlah kegiatan di pemerintahan juga dapat dilaksanakan seperti hal tersebut, sehingga dapat menghemat anggaran.

“Rapat tadi kami mengapresiasi karena dalam penyusunan LKPJ, RPJMD juga bappeda melaksanakan sendiri itu suatu proses yang bagus tidak melepas ke konsultan. Hal itu merupakan hal berat namun alhamdulillah dapat dilaksanakan dengan baik, itu suatu prestasi bappeda bagi kami karena ada efesiensi anggaran.” kata H. Mustafa

Diketahui anggaran APBD BAPPEDA tahun 2019 mencapai 10,7 milyar rupiah. Sedangkan realisasi anggaran sebesar 9,1 milyar rupiah atau sebesar 85,63 persen.

Next Post

Persiapkan Kembali Ke Masyarakat, 18 Warga Binaan Lapas Tanjung Belajar Bercocok Tanam

Jum Jul 17 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Inilah kebun sayuran yang dikelola warga binaan pemasyarakatan lapas kelas dua b tanjung. Di lapas ini terdapat terdapat tiga perkebunan, masing – masing berada di blok bawah dalam lapas, blok atas dalam lapas, dan di […]
error: