DPMPD Tabalong Terus Dorong Perkembangan Bumdes Mart

Tabalong – Pemerintah Kabupaten Tabalong konsisten menekan masuknya ritel modern ke Tabalong, melalui Badan Usaha Milik Desa. Hal ini merupakan upaya untuk memaksimalkan pemasaran dan perkembangan bisnis lokal yang ada di tabalong.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa, hingga saat ini terus mendorong bumdes untuk berbenah dan berinovasi baru pada usahanya. Kepala DPMPD tabalong Arianto menjelaskan, saat ini setiap desa dianjurkan memiliki bumdesmart yang bergerak dibidang retail. Selain itu diharapkan bumdes memiliki inovasi dibidang suaha lainnya.

Salah satu kebijakan pemerintah daerah dalam hal ini bapa bupati tabalong, bahwa beliau menginginkan, salah satu unit usaha dari bumdes adalah bumdes mart yaitu yang bergerak didalam dibidang ritel, penyediaan barang bahkan jasa bagi masyarakat desa.”  Kata Arianto

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, DPMPD Tabalong, Suparman menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan sosialisasi agar para pengelola bumdes, dapat bergerak mengembangkan usahanya sesuai bidang yang telah mereka pilih.

Suparman meminta pengelola bumdes tidak patah semangat dalam mengelola usaha desa. Pasalnya usaha desa, dapat menjadi sumber pendapatan desa, yang berguna untuk kemajuan setiap desa. Dari 121 desa di Tabalong, 104 diantaranya telah memiliki bumdes. 60 bumdes aktif melakukan bisnis, sedangkan 44 diantara saat ini masih pasif. Saat ini sebagian bumdes melakukan inovasi dengan menjalin bekerjasama dengan pihak ketiga. (Gazali)

Next Post

Panen Demplot Kajian Penerapan Teknologi Pertanian

Sel Jun 23 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Dinas Pertanian dan Bappeda Tabalong bersama Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Bintang Ara melakukan panen tomat dan jagung, pada 16 Juni 2020. Panen dilakukan di lahan percontohan atau demplot dari kajian terapan teknologi pertanian, yang dikembangkan […]
error: